Sabtu, 01 April 2017

“UNIFIL Got Talent Program”, Kontingen Garuda Tampil Memukau Dengan Za’I Dan Kecak

Pendam IX/Udayana
Sabtu, 1 April 2017

Tarian Za’i asal Nusa Tenggara Timur sekali lagi mendapat apresiasi dari Negara luar. Sejumlah Kontingen Negara yang tergabung dalam pasukan misi perdamaian PBB UNIFIL, termasuk Kontingen Garuda Indonesia turut serta merayakan Welfare Unifil HQ “Happy Hour” yang diadakan di Rubb Hall UNIFIL HQ, Naquora Lebanon. Jumat (31/3/2017).

Berbagai macam tarian ataupun kesenian khas dipersembahkan oleh masing-masing Negara. Komandan Kontingen Garuda UNIFIL Kolonel Inf Surya Wibawa S, Dansatgas FPC Mayor Inf I Made Putra Suartawan, Dansatgas MCOU Mayor Inf Rooy Chandra Sihombing, Dansatgas CIMIC Unit Mayor Arh Choirul Huda, Wakil Komandan Indobatt Mayor Inf Moh. Tamami dan Dansatgas Hospital Level II Mayor Laut (Kes) Wagiyo beserta Tim Kesenian hadir dalam perayaan tersebut.
Kontingen Garuda UNIFIL yaitu Satgas Indobatt menampilkan dua tarian pada acara ini, diantaranya Tari Za’i dan Tari Kecak. Para penonton dibuat kagum oleh Tarian Kecak yang menampilkan koreografi tari dan musik khas Bali yang harmonis dengan gerakan para Penari. Nuansa mistis terasa saat para Penari Kecak larut dalam tariannya. Karena memang tari Kecak sejatinya adalah tarian tradisi yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar, melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat.

Tampilan berikutnya yaitu Tari Za’i yang juga membuat para Penonton kagum dan tertarik dengan tarian khas daerah Nusa Tenggara Timur ini. Tari Za’i yang dipersembahkan oleh para Prajurit Indobatt melambangkan kekompakan dan integritas dari seluruh Prajurit Kontingen Garuda, sesuai dengan makna yang terkandung dalam tarian Za’i itu sendiri yaitu sebagai tarian yang melambangkan keseragaman, keindahan dan energik. Para penonton dibuat terlena dan mengikuti harmonisasi gerakan para Penarinya.

Penampilan Tari Za’i menjadi penampilan kesenian terbaik diantara berbagai tarian yang ditampilkan dari berbagai Negara pada acara ini, dengan demikian Komandan Misi (Head Of Mission)/Force Commander UNIFIL Major General Michael Beary memberikan penghargaan kepada Kontingen Garuda Satgas Indobatt atas penampilan Tari Za’i yang begitu memukau. Kontingen Garuda UNIFIL Satgas Indobatt berhasil memenangkan “UNIFIL Got Talent Program”  atas persembahan Tari Za’i dari Nusa Tenggara Timur ini. “Hal tersebut membuktikan bahwa masih banyak kesenian daerah Indonesia yang indah, menarik dan sempurna, tinggal bagaimana kita menggalinya”. Merupakan tugas kita bersama sebagai bangsa Indonesia untuk melestarikan kekayaan budaya bangsa yang tidak ternilai harganya.

Selain menampilkan kesenian dari berbagai Negara, diacara ini juga menampilkan berbagai makanan khas Negara masing-masing. Serving food merupakan acara penutup, Komandan Misi (Head Of Mission)/Force Commander UNIFIL Major General Michael Beary dan beberapa Staf Force Commander UNIFIL melangkahkan kaki menuju stand Kontingen Indonesia dan mencicipi makanan khas Indonesia yang telah disiapkan yaitu berupa Masakan Padang/Rendang dan Nasi Goreng.

Hadir pada acara ini diantaranya Komandan Misi (Head Of Mission)/Force Commander UNIFIL, Deputy Force Commander UNIFIL, COS UNIFIL, Perwakilan dari Kontingen Negara yang tergabung dalam misi perdamaian UNIFIL (HQ, Seceast dan Secwest)  Komandan Kontingen Garuda UNIFIL dan Para Dansatgas Konga UNIFIL.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar