Senin, 01 Mei 2017

TNI Bersama MahaSiswa Buru Air Bersih di Lereng Gunung Agung


Pendam IX/Udayana
Senin, 1 Mei 2017

Di tengah kegiatan TNI manunggal membangun Desa (TMMD) ke-98 TA.2017 Kodim 1623/Karangasem yang di gelar di Dsn.Panek Desa Ban, Kec.Kubu, Kab.Karangasem, selain melaksanakan kegiatan fisik juga menggelar puluhan kegiatan non fisik di antaranya penyuluhan bela negara, penyuluhan narkoba, pertanian, peternakan, penyuluhan agama, pemutaran film sejarah Ir.Soekarno, penyuluhan hukum KDRT, dll.

Tidak hanya itu TMMD ke-98 yang di gelar Kodim 1623/Karangasem juga menggelar kegiatan tambahan yaitu pembuatan pos Kamling, jambanisasi, pemberian bantuan alat kebersihan kepada warga yang rumahnya di tempati oleh prajurit satgas TMMD ke-98.

Sabtu, 29 April 2017 komandan satuan setingkat kompi (SSK) TMMD ke-98 Kapten Inf I Wayan Suatma memimpin beberapa anggota satgas TMMD, bersama Masyarakat Dsn.Panek dan sejumlah mahasiswa dari. UNUD (universitas Udayana) dan Stikom (Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer) Bali melaksanakan pipanisasi sepanjang 1 km, dg pipa 1 dim, dari sumber mata air di Dsn.Manik aji hingga menuju ke cubang penampungan air kelompok "sami liang" di Dsn.Panek, Ds.Ban.

Meskipun sumber mata air sangat sulit di jangkau karena medan yang cukup terjal, hingga harus memanjat tebing setinggi 6-8 m, tidak menyurutkan semangat prajurit satgas TMMD, bersama Masyarakat, dan mahasiswa untuk berburu air bersih demi mensejahterakan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih, terbukti, hanya beberapa jam saja air bersih sudah bisa mengalir menuju ke cubang penampungan air kelompok sami liang di Dsn.Panek yang berjarak 1 km dari sumber mata air.

Kades Ban (I Wayan Potag)  mengatakan, "Mewakili masyarakat Dsn. Panek, Ds. Ban kami mengucapkan terimakasih kepada TNI satgas TMMD ke-98 dan mahasiswa serta menyambut gembira atas kegiatan pipanisasi dalam rangka TMMD ke-98, seperti yang telah di ketahui selama ini warga Dsn. Panek sangat kekurangan dg pasokan air bersih, namun setelah di laksanakan giat tambahan yaitu pipanisasi air bersih dalam rangka TMMD ke-98, warga Dsn.panek sudah bisa menikmati air bersih meskipun belum maksimal, dalam hal ini sedikit lebihnya sudah bisa menghemat pengeluaran untuk membeli air bersih. (Penrem 163/Wira Satya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar