Sabtu, 22 Juli 2017

TMMD ke-99 Desa Besan Klungkung ditinjau Tim Wasev dari Mabesad


Pendam IX/Udayana
Sabtu, 22 Juli 2017

TMMD ke-99 Desa Besan Klungkung ditinjau Tim Wasev dari Mabesad di Desa Besan Kec. Dawan Kab. Klungkung, Kamis (20/7).

Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dari Markas Besar (Mabes) Angkatan Darat meninjau lokasi TMMD Kodim 1610/Klungkung di Desa. Hadir dalam kunjungan Wakil Bupati Klungkung dan FKPD, Ide Dalem Semaraputra, prebekel dan tokoh masyarakat Desa Besan.

Ketua Tim Wasev Mabesad Perwira tinggi Staf khusus Kasad Brigjen TNI Kasim Suharna Sip. M.A. didampingi Brigjen TNI Suhadi dari Kemhan dan Staf Kolonel Cba. Isdiyanto dan Letkol Feksy Dimunry Angi. dalam sambutannya mengungkapkan, terima kasih kepada Pemerintah Kab. Klungkung dan Ide Dalem Semaraputra yang sudah menyempatkan hadir bersama kami tim ke lokasi TMMD ke-99 Klungkung.

Tujuan kedatangan Tim Wasev untuk mengetahui sejauh mana kegiatan TMMD dan kendala yang dihadapi, untuk mencarikan solusi agar TMMD berjalan lancar. Kunjungan Tim wasev memilih Kab. Klungkung dikunjungi karana TMMD Klungkung membuka jalan yang mempunyai nilai potensi sosial budaya yang sangat tinggi lebih-lebih jalan ini akan menghubungkan dua Kabupaten.

TMMD tugas pokok TNI bekerjasama dengan masyarakat harus dilaksanakaan bersama masyarakat. Sasaran fisik penting untuk membangun infrastruktur tapi tidak kalah penting dengan kegiatan non fisik karana memiliki nilai kejuangan dan ketahanan nasional.

Ketua Tim Wasev juga mengatakan agar prajurit dalam melaksanakan tugas iklas bekerja bergotong royong membatu masyarakat. Ditekankan kepada anggota Satgas jaga hubungan baik dengan masyarakat yang sudah terjalin selama ini.

Jangan ada prajurit Satgas yang melanggar, jaga sikap sebagai prajurit, pegang teguh sumpah prajurit, 8 wajib TNI dan Sapta Marga. Agar anggota Satgas TMMD yang tinggal di rumah penduduk dan membaur dengan masyarakat bisa membawa diri dengan baik dan bisa memberikan contoh dan teladan yang baik di masyarakat. Kebaikan harus dipertahankan dan kebersamaan dipelihara jangan membebani masyarakat. Mudah-mudahan mendapat berkat dari Ide Sahyang Widhi Wasa imbuhnya.

Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dalam sambutanya memberikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada TNI yang telah melaksanakan TMMD di Desa Besan Kec. Dawan Klungkung, dengan adanya TMMD ini semangat gotong royong bisa dibangkitkan lagi sehingga bisa mempercepat pembangunan fisik dan non fisik yang dikomandoi oleh Dandim 1610/Klungkung Letkol Kav Jacob Janes Patty, katanya. Kedepan agar program TMMD bisa dilaksanakan secara berkesinambungan untuk mempercepat pembanguan fisik dan non fisik di Pedesaan.

Dandim 1610/Klungkung Letkol Kav Jacob Janes dalam laporannya memaparkan tentang kegiatan TMMD mulai dari tahap perencanaan, penyiapan sampai pelaksanaannya dan kegiatan sebelumnya sudah dilaksnakan Pra TMMD pelaksanaan sampai saat ini bisa berjalan lancar.

Peninjauan Sasaran fisik jalan menuju Pura Puncak Sari Ketua Tim bertanya kepada salah satu masyarakat "jawaban bahwa masyarakat merasa senang dengan dibukanya pembangunan jalan ini kami masyarakat tidak lagi sulit menuju Pura sekarang sudah bisa dilalui kendaran". (Kodim 1610/Klungkung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar