Minggu, 27 Agustus 2017

Babinsa Koramil Banjarangkan aktif dalam kegiatan Pencegahan rabies



Pendam IX/Udayana
Minggu, 27 Agustus 2017

Babinsa Koramil 1610-02/Banjarangkan aktif dalam kegiatan Pencegahan rabies di Banjar Sidayu Tojan Desa Takmung Kec. Banjarangkan Kab. Klungkung Sabtu (26/8).

Untuk mencegah penyebaran rabies di wilayah Desa Pusat Kesehatan Hewan di wilayah Klungkung menggandeng Anggota Kodim 1610/Klungkung Tahun 2017 seluruh Desa di wilayah Klungkung akan disasar untuk penanggulangan penyebaran rabies. UPT Puskeswan Banjarangkan II mengelar Kegiatan vaksinasi massal rabies di Banjar Sidayu Tojan Desa Takmung.

Penyebaran rabies sudah sangat mengkawatirkan, terutama terutama diwilayah pedesaan yang banyak anjing liar berkeliaran. Penanggulangan rabies dengan cara memberikan vaksin kepada anjing, atau anjing yang liar dilakukan eliminasi.

Kegiatan yang dihadiri Kepala Puskeswan Banjarangkan, Prebekel Desa Takmung dan para Kelian, Babinsa, tenaga vaksin dan masyarakat.

Babinsa Koramil 1610-02/Banjarangkan sertu yulianta yang ikut bagian penanggulangan bersama masyarakat di Desa binaan langsung menyunting vaksin pada anjing. Kegiatan juga dilaksanakan memberikan pemahaman kepada masyarakat ikut aktif agar penyebaran rabies khususnya di desa Takmung kec. Banjarangkan Klungkung dapat diatasi. Program penanggulangan rabies di wilayah Banjarangkan dipimpin oleh Dr. Maria Kepala Puskeswan Banjarangkan II.

Dr. Maria mengharapkan kerjasama terus berlanjut dengan Kodim 1610/ Klungkung dan aktif kordinasi dengan Babinsa dilapangan sehingga penyebaran rabies dapat dicegah dan dielimininir.

Hewan terjangkau rabies kebanyakan anjing sehingga dilakukan penyuntikan, dan anjing paling mudah menyebarkan rabies sehingga dengan penyuntikan kepada anjing maka kasus rabies dengan cepat dapat dicegah. Hasil kegiatan pemberian vaksinasi anti rabies pada  anjing sebanyak 124 ekor dan saat ini hasil pemeriksaan di desa Takmung Banjarangkan Klungkung belum ditemukan adanya anjing yang terkena penyakit rabies.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar