Rabu, 30 Agustus 2017

Delegasi NDC India Kunjungi Kodam IX/Udayana


Pendam IX/Udayana
Rabu, 30 Agustus 2017

Delegasi National Defence College (NDC) India mengunjungi Kodam IX/Udayana pada Rabu (30/8)  diterima oleh Pangdam IX/Udayana beserta para pejabat teras Kodam IX/Udayana di Ruang Sthana Yudha Makodam IX/Udayana.
Delegasi  NDC India setingkat LEMHANAS ini terdiri dari 3 perwakilan negara asing (India, Srilangka dan Egypt) dengan 16 orang personel dipimpin oleh pimpinan rombongan, Shri Abhay Tripathi, IAS AddI Secy dan SDS (CS), NDC, rombongan Delegasi  NDC  tiba di Makodam IX/Udayana pada pukul 08.45 wita  diawali dengan pemberian hormat berjajar oleh regu jaga Makodam IX/Udayana kepada pimpinan rombongan dan selanjutnya di sambut oleh para pejabat teras Kodam antara lain  Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Stephanus Tri Mulyono, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Asrendam, Para Asisten Kasdam, Staf Ahli, LO-AL, LO-AU dan para Kepala/Komandan Satuan Kodam IX/Udayana.
Selanjutnya Delegasi NDC India didaulat  memasuki Ruang Sthana Yudha diterima oleh Pangdam IX/Udayana dan pada kesempatan tersebut Mayjen TNI Komaruddin Simanjuntak, S.I.P. M.Sc., mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kunjungannya ke Kodam IX/Udayana. Pangdam berharap mudah-mudahan kegiatan seperti ini di samping sebagai sarana silaturahmi juga dapat dijadikan wahana pertukaran informasi  atas dasar persahabatan dan saling menghormati.
 Setelah memperkenalkan para pejabat teras Kodam IX/Udayana yang mendampinginya, Pangdam menyampaikan tugas pokok Kodam IX/Udayana yang mewilayahi tiga provinsi Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur adalah menegakkan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah darat Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia di wilayah daratan Bali dan Nusa Tenggara.

Selanjutnya Pangdam menyampaikan,Indonesia dan India memiliki hubungan kerjasama diplomatik yang sangat baik dalam melangsungkan pembangunan ekonomi dan pertahanan masing-masing negara, maka dibutuhkan situasi yang kondusif. Salah satu peran strategis guna mendukung kelancaran pembangunan pertahanan tersebut adalah keberadaan Tentara Nasional di masing-masing negara. Untuk itu kunjungan semacam ini saya nilai sangat penting dalam rangka meningkatkan hubungan kerjasama antara Tentara Nasional Indonesia dengan Tentara Nasional India.

Melalui kunjungan resmi ini kita dapat bertukar informasi, saling memberi masukan atau semacam studi banding guna mengoptimalkan peran dan tugas   Tentara Nasional kedua negara. Jika Tentara Nasional di masing-masing negara dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya dengan baik maka akan tercipta situasi yang kondusif antara Indonesia dan India khususnya, dan kawasan Asia pada umumnya. Demikian ujar Pangdam.

Pimpinan Delegasi NDC India juga mengucapkan terimakasih atas kesediaan Pangdam IX/Udayana beserta para pejabat teras Kodam IX/Udayana yang ditengah kesibukan bersedia menerima kunjungannya beserta rombongan sehingga sudah cukup banyak mendapatkan masukan tentang wilayah dan tugas pokok Kodam IX/Udayana.

Pada acara tersebut Delegasi NDC India juga diajak menyaksikan film, profil Kodam IX/Udayana dan dilajutkan dengan Tanya jawab terutama yang berkaitan dengan tantangan tugas yang dihadapi oleh Kodam IX/Udayana dan keberadaan kapal yang digunakan untuk menjaga keamanan wilayah laut yang menjadi tangungjawab Kodam IX/Udayana, serta tugas-tugas TNI dalam membantu Pemerintah Daerah sesuai dengan Undang Undang yang berlaku.

Demikian acara kunjngan delegasi NDC India dapat berjalan dengan lancar dalam suasana kekeluargaan diakhiri dengan pertukaran cindramata dan foto bersama. (Pendam IX/Udayana).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar