Selasa, 27 Februari 2018

Inilah Pengabdian Seorang Babinsa Yang Harus Jalan Kaki Puluhan Kilo ke Wilayah Binaannya



Pendam IX/Udayana
Selasa, 27 Pebruari 2018

Aparat Teritorial yang selalu akrab bersama masyarakatnya yakni Bintara Pembina Desa (Babinsa) Sertu Toni Duil dalam melaksanakan tugas Binter di wilayah binaannya terkadang harus rela berjalan kaki hingga puluhan kilo meter untuk mencapai desa yang menjadi tanggung jawabnya.


Hal ini ia lakukan dengan senang hati walau harus menguras tenaganya. Semua ini menurutnya karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya sebagai Babinsa di Desa Kailesa dan Desa Langkuru Utara, Kecamatan Pureman, Kabupaten Alor.

“Babinsa ya harus seperti itu. Kalau wilayah tugas kita medannya enak ya enak, tapi kalau dapat yang sulit ya sulit juga. Namun semua untuk membantu warga masyarakat di desa binaan, dijalani saja dengan senang hati,” kata Toni.

Ditambahkannya, selama ini tugas dijalani dengan asyik-asyik saja, tidak boleh terbeban dengan kondisi geografis. Dia mengaku sering mengajak masyarakat untuk berjalan kaki bersama dan hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi dia dan warga masyarakat dengan berjalan kaki dari desa Kailesa sampai ke desa Tanglapui.

“Kami jalan kaki sekitar 40 Km baru sampai di Desa Tanglapui. Disana kami baru bisa dengan kendaraan. Tapi karena sudah terbiasa jalan kaki, maka jarak yang jauh jadi dekat. Jalan sambil menikmati indahnya alam sepanjang jalan,” cetus Toni. (Kodim 1622/Alor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar