Rabu, 28 Februari 2018

Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 743/PSY Bantu Menyebrangkan Warga Yang Sedang Sakit


Pendam IX/Udayana
Rabu, 28 Pebruari 2018

Sore hari  Satgas Pamtas RI – RTDL Yonif 743/PSY Kompi Tempur II Pos Turiscain didatangi oleh mama luvina (47) dan beberapa orang masyarakat dari Dusun Airai, Desa Maumutin untuk laporan sekaligus meminta bantuan Anggota Satgas Pamtas Yonif 743/PSY Pos Turiscain untuk membawa saudarinya Martina Soares (67) yang sedang mengalami sakit parah (kritis) menyebrang ke Timor Leste untuk melakukan pengobatan tradisional secara adat di keluarga besarnya yang berada di Maliana (Timor Leste) Kamis (22/2).

Mama Martina Suares (67) merupakan warga Indonesia yang dulunya adalah warga Timor leste yang setelah eksodus pada tahun 1999 mama Martina dan suaminya memilih untuk hijrah ke Indonesia namun keempat anaknya lebih memilih menetap dengan keluarga besarnya di Timor Leste. Mama Martina mengalami sakit yang dideritanya sejak tahun 2003 sebelum suaminya meninggal dan sampai saat ini penyakit mama Martina tidak kunjung sembuh setelah dilakukan pengobatan secara medis di rumah sakit ataupun secara tradisional namun kondisi mama Martina tidak kunjung ada perubahan.

Saat itu cuaca sedang buruk, hujan seharian membuat air sungai meluap dan arus semakin deras. Anggota Pos Turiscain yang sedang melaksanakan jaga Pos, saat itu segera melaporkan kepada melaporkan kejadian tersebut kepada Danpos Sertu I Made Dwi Arimbawa. Danpos Turiscain memerintahkan Wadanpos Turiscain untuk menghubungi Danpos UPF Via Telepon Untuk Koordinasi agar membantu proses penyeberangan mama luvina dan saudarinya yang sakit tersebut sampai ke Maliana.

Setelah berkoordinasi Wadanpos Turiscain beserta anggota Pos membantu proses penyeberangan melalui sungai dengan digendong, karena saudari Martina Soares yang keadaannya sudah tidak memungkinkan untuk bisa menyebrangi sungai dengan berjalan. Dengan diiringi haru dan Isak tangis dari keluarga  dan tetangga yang ditinggakan, Kurang lebih satu jam proses penyeberangan berlangsung dengan lancar dan aman.

Hal  tersebut dilakukan secara spontanitas sesuai dengan petunjuk dan arahan Dansatgas Pamtas RI – RDTL Yonif 743/PSY Mayor Inf I Putu Tangkas Wiratawan, S.IP bahwa Satgas Pamtas di wilayah perbatasan senantiasa harus dapat membantu masyarakat dalam Kondisi apapun dan juga merupakan motto Satgas Pamtas RI - RDTL Yonif 743/PSY " SIAP KERJA BERSAMA KARENA KITA BERSAUDARA ". (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar