Senin, 04 Juni 2018

Danramil 1601-01/Sumba Timur Bekali Pramuka Siswa SMA Negeri 1 Lewa


Pendam IX/Udayana
Senin, 4 Juni 2018

Danramil 1601-01 Lewa Kapten Inf Sambudi mengajak para siswa SMAN 1 Lewa di Kecamatan Lewa Kabupaten Sumba Timur untuk bela negara dan cinta tanah air.

Ajakan itu disampaikan Sambudi dengan memberikan materi tentang Bela Negara dan Cinta Tanah Air kepada para siswa di sekolah tersebut.

Danramil mengatakan bahwa bela negara adalah tekad, sikap, dan perilaku warga negara yang dilakukan secara teratur dan menyeluruh serta terpadu dan dijiwai oleh kecintaan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat tentang pembelaan diatur dengan undang-undang.

Kata dia, tujuan dari bela negara itu yakni mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara. Melestarikan budaya. Menjalankan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Berbuat yang terbaik bagi bangsa dan ni egara dan menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara. Fungsinya untuk mempertahankan negara darberbagai ancaman, dan menjaga keutuhan wilayah negara.

Danramil juga menjelaskan, cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati sanubari seorang warga negara, untuk mengabdi, memelihara, membela, melindungi tanah airnya dari segala ancaman dan gangguan.

Serta dengan rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara.

Menurutnya sehingga sebagai seorang pelajar harus dapat menunjukkan sikap cinta tanah air seperti belajar dengan tekun hingga kita juga dapat ikut mengabdi dan membangun negara kita agar tidak ketinggalan dari bangsa lain.

Menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu tidak memilih teman, berbakti pada nusa dan bangsa dan berbakti pada orang tua dan guru. (Kodim 1601/Sumba Timur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar