Rabu, 15 Agustus 2018

Pertebal Semangat Kebangsaan, Siswa Mengenal Nusantara Kunjungi Kodam IX/Udayana


Pendam IX/Udayana
Rabu, 15 Agustus 2018

Kepala Staf Kodam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, mewakili Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, menerima kunjungan rombongan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) pada Rabu (15/8) di Ruang Sthanayudha Makodam IX/Udayana.

Rombongan diterima dalam suatu acara seremonial dipimpin Kasdam IX/Udayana didampingi oleh para pejabat Kodam IX/Udayana. Pada kesempatan tersebut Kasdam IX/Udayana membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana yang pada intinya menyampaikan ucapan selamat datang di Makodam IX/Udayana kepada rombongan Siswa Mengenal Nusantara, berserta para pendampingnya.

Selanjutnya disampaikan juga tentang tugas pokok Kodam IX/Udayana, sebagai kompartemen strategis yang memiliki wilayah di tiga provinsi (Bali, Nusa Tenggara Barat,  Nusa Tenggra Timur)  dan terbagi dalam tiga Korem (Korem 161/Wira Sakti di Kupang, Korem 162/Wira Bhakti di Nusa Tenggara Barat dan Korem 163/Wira Satya di Bali) yang masing-masing daerahnya memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri

Seperti contohnya di Nusa Tenggara Timur mayoritas penduduknya beragama Katolik dengan seribu Gereja, kemudian di Nusa Tenggara Barat  mayoritas penduduknya beragama Islam dengan seribu Masjid dan di Provinsi Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu sehingga dikenal juga dengan Pulau seribu Pura dan merupakan daerah destinasi wisata yang sangat dikenal olah para touris domestik maupun manca negara karena keindahan alam dan budayanya karena itu wilayah Kodam IX/Udayana juga dikenal dengan miniaturnya Indonesia, demikian papar Pangdam dalam sambutannya.

Sementara dari pimpinan rombongan, Bapak Indra Wijaya wakil dari BUMN PIC Bali, menyampaikan ucapan terimakasih, kepada Bapak Pangdam beserta dengan jajaran yang telah banyak memberikan dukungan dan bantuan dalam pelaksanaan program Siswa Mengenal Nusantara Tahun 2018 sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Selanjutnya disinggung juga program Siswa Mengenal Nusantara ini merupakan  kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, merupakan program dari Kementrian Badan Usaha Milik Negara, dalam rangka untuk mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera dengan tujuan untuk menumbuhkan rasa kebanggaan sebagai warga negara Indonesia, mempertebal rasa cinta tanah air, Bela negara dan wawasan kebangsaan. Untuk kali ini kegiatan ini dimotori oleh BUMN, PT. Asuransi Jiwasraya Persero,  Rajawali Nusantara Indonesia Persero dan PT. Hotel Indonesia Natour Persero, yang dipercaya untuk melaksanakan kegiatan di Provinsi Bali.

Siswa Mengenal Nusantara ini berjumlah 23 orang mayoritas berasal dari daerah pedalaman Kalimantan Timur dan termasuk yang berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi dan tingkat akademik yang tinggi. Mereka mendapat kesempatan untuk melaksanakan kegiatan di Provinsi Bali selama satu minggu mulai dari tanggal 11 sampai dengan tanggal 24 Agustus 2018, termasuk diantaranya dua hari melaksanakan kegiatan di Kodam IX/Udayana dengan tajuk kegiatan “ Dua Hari Bersama TNI”.

Khusus dalam dua hari bersama TNI ini dipusatkan di Detasemen Kavaleri 4/Simha Pasupati  dan Kompi A Yonif Raider  900/SBW dengan pokok-pokok kegiatan mengenal kehidupan di lingkungan TNI termasuk juga diantaranya pengenalan Alutsista TNI dan bermalam dengan berbivak, kemudian pada hari kedua berkunjung ke Makodam IX/Udayana, untuk menganal lingkungan Markas Kodam IX/Udayana dan termasuk untuk melaksanakan diskusi dengan para pejabat Kodam IX/Udayana dipimpin oleh Kasdam IX/Udayana.

Hadir pada kesempatan tersebut para pejabat Kodam IX/Udayana, antara lain Irdam IX/Udayana, Kolonel Czi Lalu Rudy Irham Srigede, Para Asisten, para Perwira Staf Ahli, LO-AL, LO-AU, para Komandan/Kabalak Kodam IX/Udayana, Para Pimpinan BUMN, Asuransi Jiwasraya, Hotel Indonesia Natour dan Rajawali Nusantara Indonesia, serta para Guru-guru berprestasi sebagai pendamping dari sekolah masing-masing. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar