Kamis, 13 September 2018

Kodam IX/Udayana Gelar Komunikasi sosial Kreatif Melukis dan Catur Tingkat SMA


Pendam IX/Udayana
Kamis, 13 September 2018

Kodam IX/Udayana menggelar acara Komunikasi Sosial (Komsos) Kreatif dalam rangka HUT ke-73 TNI dan program kerja triwulan III tahun 2018 yang di buka Aster Kasdam IX/Udayana  Kolonel Inf I Kadek Subawa mewakili Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., bertempat di Makodam IX/Udayana, Denpasar pada Kamis (13/9).

Kegiatan ini mengusung tema “Melalui Kemanunggalan TNI-Rakyat Kita Wujudkan Cegah Tangkal Radikalisme”, Komsos kreatif yang digelar Kodam IX/Udayana kali ini memfokuskan pada dua katagori yaitu lomba melukis dan catur pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) yang diikuti peserta perwakilan dari NTT, NTB dan Bali. Dengan tujuan untuk menjalin Komunikasi Sosial yang sehat dan harmonis melalui perlombaan-porlombaan, untuk meningkatkan tali silaturahmi antara Prajurit TNI dengan segenap Komponen Masyarakat.

Para peserta perwakilan yang berlaga di Kodam IX/Udayana ini telah berjuang melalui seleksi di tingkat Kodim kemudian berlomba lagi pada tingkat Korem yang selanjutnya masuk ke tingkat Kodam yang diikuti oleh 10 pelajar dalam lomba melukis dan 10 pelajar pada lomba catur. Khusus para juara lomba melukis tingkat Kodam ini akan diambil 4 orang terbaik untuk berlomba adu kemampuan di tingkat Angkatan Darat (Mabesad).

Acara yang di buka Aster Kasdam IX/Udayana membacakan sambutan Pangdam IX/Udayana yang intinya berharap semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk menumbuhkembangkan, mengasah dan mengelola kreativitas anak Indonesia yang berkualitas melalui keterampilan melukis dan bermain catur.

Bahwa TNI Angkatan Darat dalam menyelenggarakan Pembinaan Teritorial diantaranya melalui metode Komunikasi Sosial. Salah satu upaya yang dilakukan dalam pembinaan Komunikasi Sosial kepada komponen bangsa yaitu melalui penyelenggaraan kegiatan Komsos Kreatif yang merupakan Komunikasi Sosial dalam bentuk baru dan mampu menciptakan pesan baru melalui pesan gerak badan atau olah raga catur dan seni melukis. 

Makna pesan yang disampaikan melalui konstruksi Komunikasi Sosial Kreatif atau melalui berbagai media yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi wilayah serta memanfaatkan potensi kearifan lokal yang dimiliki daerah, juga diarahkan pada terwujudnya Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh dalam rangka pertahanan negara aspek darat. 

Mengakhiri sambutannya Pangdam menambahkan, bahwa lomba catur dan melukis ini, saya nilai sangat penting untuk menanamkan nilai-nilai kebersamaan dan saling pengertian serta kerjasama yang solid antar Prajurit TNI dengan segenap komponen masyarakat dalam menjaga dan memper-tahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Acara Komsos kreatif lomba catur dan melukis Kodam IX/Udayana ini dihadiri oleh para pejabat Kodam IX/Udayana, Guru-guru pendamping siswa, perwakilan anggota Korem jajaran Kodam IX/Udayana dan para Juri lomba catur dari Percasi Bali serta Juri dari ISI Denpasar. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar