Sabtu, 29 September 2018

Sinergitas Kodam IX/Udayana Dengan PT. PLN (Persero) Distribusi Bali


Pendam IX/Udayana
Sabtu, 29 September 2018

Dalam rangka Peringatan HUT Ke-73 TNI Tahun 2018 Kodam IX/Udayana bersinergi dengan PT. PLN (Persero) Distribusi Bali bantu masyarakat Desa Batur Kintamani Bangli melalui kegiatan yang bertajuk Bhakti Sosial pada Jumat  (28/9) di Br. Toya Bungkah Ds. Batur Kintamani, Kabupaten Bangli.

Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain Penanaman  1000 bibit Pohon, Cempaka dan Ampupu yang ditanam  di areal Pura Jati Toya Bungkah dan di sekitar wilayah Desa Batur Kintamani.

Pada kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P memimpin kegiatan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk memperingati HUT ke-73 TNI ini Kodam IX/Udayana bersinergi dengan PT. PLN (Persero) Distribusi Bali melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial yang kebetulan juga mempunyai program yang sama.

Kemudian dipilihnya Daerah Toya Bungkah ini sebagai sasaran kegiatan karena di daerah ini masih ada yang kelihatan tandus sehingga perlu diadakan penanaman pohon untuk penghijauan sehingga akan bisa semakin hijau dan nyaman serta asri lebih lebih daerah Kintamani ini juga sebagai salah satu daerah tujuan wisata baik domestik maupun manca negara, dengan adanya ketersediaan air yang cukup dan keasrian lingkungan  maka  wisatawan akan menjadi lebih banyak lagi datang ke Kintamani khususnya keToya Bungkah.

Untuk jangka panjangnya dengan penanaman pohon dan penghijauan ini akan dapat membantu dalam mengurangi terjadinya pemanasan global yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Sekecil apapun  partisipasi yang kita bisa perbuat pasti akan ada  manfaatnya, demikian ujar Pangdam.

Kemudian GM PT. PLN dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pangdam IX/Udayana yang telah memberikan kesempatan untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan HUT ke-73 TNI dan berharap partisipasi seperti ini akan dapat berlanjut. PLN hadir di Bali bukan berarti hanya menyediakan listrik bagi masyarakat Bali saja tetapi juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis mochup bedah rumah kepada Bapak Murah seorang Veteran Pejuang Kemerdekaan RI warga Banjar Penaga, Desa Landih, Pengotan, Bangli sebagai wujud perhatian dan kepedulian kepada para pendahulu yang memang masih membutuhkan uluran tangan dari berbagai pihak.

Disamping  penanaman pohon dalam bhakti sosial ini juga dilaksanakan pembersihan lingkungan di areal Pura Jati dan kegiatan pelayanan kesehatan umum yang dilaksanakan di Banjar Tirta Usada, Desa  Toya Bungkah. Pelayanan pengobatan umum ini dengan mengerahkan 12 orang dokter spesialis, 5 orang dokter umum  dan 20 orang Bidan dari Kesehatan Kodam IX/Udayana dan Puskesmas Desa Batur, Kintamani.

Adapun pelayanan kesehatan yang dilaksanakan antara lain pengobatan umum, mata, gigi, jiwa, saraf, pemeriksaan jantung, bedah minor, Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) termasuk juga melayani pengobatan kerumah- rumah pasien yang karena kondisinya tidak bisa datang ketempat Pos Pelayanan Kesehatan.

Kegiatan bhakti sosial ini mengerahkan personel sekitar 2000 orang terdiri dari  pasukan inti untuk melaksanakan penanaman pohon dan  pembersihan areal Pura Jati sebanyak 1100 orang  dan dukungan masyarakat sebanyak 250 orang, anak-anak pelajar 150 orang serta masyarakat yang mengikuti pelayanan kesehatan sekitar 500 orang.

Sebagai kegiatan penutup juga dilaksanakan kegiatan offroad ke kaki  Gunung Batur dengan rute Toya Bungkah, Seked, larva hitam, naik Gunung Batur dan kembali ke strat di  Toya Bungkah dengan menempuh jarak sekitar 5 km.

Para pejabat yang hadir antara lain Dankodiklatad , Irdam IX/Udayana, para Staf Ahli Pangdam, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam, LO-AL, LO-AU, Danlanal Denpasar, Danlanud Ngurah Rai, para Komandan/Kabalakdam IX/Udayana, Bupati Bangli, Kajari Bangli, GM PT PLN (Persero) Distribusi Bali, Dharma Pertiwi Daerah “J”, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat serta sejumlah undangan lainnya.  (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar