Senin, 08 Oktober 2018

Gelar Silaturahmi, Makodim 1606/Lobar Diserbu Wartawan


Pendam IX/Udayana
Senin, 8 Oktober 2018

HUT TNI KE 73 diwarnai dengan penyerbuan puluhan wartawan sejumlah media secara bersama sama ke Makodim 1606/Lobar, Senin (8/10). Peneyerbuan tersebut dalam rangka memenuhi undangan khusus Kodim 1606/Lobar dalam moumentum HUT TNI ke 73 tahun 2018 dalam acara silaturrahmi TNI Makodim 1606/ Lobar dengan Media guna memperkuat sinergitas dan mempererat silaturrahmi dan kerjasama yang lebih baik menuju NTB gemilang.

Komandan Kodim 1606/Lobar , Letkol Czi Djoko Rahmanto, S.E, dalam sambutannya yang dibacakan Kasdim 1606/Lobar, Mayor Inf Heri Mujiono, menyampaikan pembukaan awalnya dengan memperkenalkan dirinya sebagai Kasdim baru dijajaran Kodim 1606/Lobar yang baru ditetapkan bertugas sejak 2 minggu yang lalu. 

Selain itu disampaikannya juga atas nama Dandim1606/Lobar mengucapkan permohonan maaf atas ketidak hadiran Dandim karena ada tugas lain serta ucapan terimakasih yang mendalam atas kehadiran semua wartawan.

Lebih jauh dipaparkannya bahwa peran media sangat penting sebagai perpanjangan tangan dalam penyampaian informasi kepada masyarakat melalui media, sehingga seluruh kegiatan TNI maupun instansi lainnya dapat diketahui publik. Dunia akan sepi tanpa keterlibatan media, ujarnya.

Selain itu, Letkol Czi Djoko Rahmanto, S.E, Komandan Kodim 1606/Lobar, dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada rekan rekan wartawan atas kehadirannya dengan ringan langkah telah memenuhi undangan kami Kodim 1606/Lobar.

Acara yang sangat sederhana ini digelar dengan maksud terjalinnya silaturrahmi dan sinergitas TNI dengan Insan Media yang lebih erat dan dapat bekerjasama dengan baik dalam menyampaikan informasi publik, dan juga sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan Media.

Dalam kesempatan ini saya juga menghimbau kepada insan pers untuk turut mempublikasikan kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI dalam menjalankan tugas tugas sosial kemasyarakatan. Agar masyarakat dapat menyerap informasi yang lebih baik tentang nilai nilai institusi TNI dan tugas tugas yang dilaksanakannya.

"Sekurang kurangnya ada komunikasi yang lebih terbuka antara media dengan TNI dalam setiap topik pemberitaan yang dimuat. Pertemuan ini merupakan sarana informatif yang efektif untuk memelihara kebersamaan dan meningkatkan kerjasama guna membangun komunikasi dialogis yang lebih produktif dan konstruktif agar dapat diperoleh kesamaan pandang dalam setiap permasalahan yang terjadi", jelasnya.

Kebersamaan seperti ini perlu ditumbuh suburkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan guna menghadapi kompleksitas persoalan yang terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Peran netralitas TNI dalam menghadapi pemilu 2019 yang tidak bisa ditawar-tawar lagi, sangat menentukan terjaminnya Kamtibmas dalam suksesnya pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang. Sinergitas TNI dan Media juga sangat efektif dalam pengawalan pengamanan Pemilu 2019 secara sosial.

Kami berharap silaturrohmi dan kerjasama ini tetap terpelihara dengan baik guna mempererat sinergitas insan pers dengan jajaran TNI khususnya diwilayah Kodim 1606/Lobar , tutupnya.

Perwakilan wartawan yang dipercayakan kepada Muhammad Sahib, dalam sambutannya mengatakan bahwa media meskipun bukan perangkat negara, namun tanggungjawab dalam menjaga keamanan dan mempertahankan negara adalah kewajiban bersama sebagai anak bangsa. Hubungan TNI dengan mdia sudah terjalin sejak lama. 

Namun dalam momentum HUT TNI ke 73 tahun 2018 dengan digelarnya acara ini hubungan tersebut dapat lebih ditingkatkan dan lebih mesra lagi, agar keterbukaan informasi publik dapat dilaksanakan dengan maksimal, ujarnya.

Selain itu diusulkan pula agar TNI juga lebih membuka diri kepada media agar dapat dilaksanakan publikasi kegiatannya lebih maksimal. Dan untuk kesamaan pandang diharapkan TNI juga membuka jalur satu pintu dalam penyampaian informasi maupun release. Acara diakhiri dengan dialog ramah tamah serta foto bersama insan pers dan TNI. (Kodim 1606/Lobar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar