Kamis, 28 Maret 2019

Pompa Air Hanyut, TNI dan Warga Gotong-Royong Angkat dari Sungai


Pendam IX/Udayana
Kamis, 28 Maret 2019

Gianyar - Dampak curah hujan yang tinggi akhir-akhir ini mengakibatkan debit air sungai menjadi besar sehingga menyebabkan mesin pompa air yang dimiliki oleh Petani Subak Siut di Sungai Melangit hanyut terbawa air sungai. 

Mesin pompa air tersebut merupakan mesin pompa cadangan untuk menaikan air ke persawahan Subak Siut apabila terjadi penurunan debit air pada saluran irigasi utama Subak Siut.

Guna mengembalikan ke posisinya semula, pada Rabu (27/3), para Petani bekerja sama dengan anggota TNI dari Kodim 1616/Gianyar berupaya mengambil kembali mesin pompa air yang hanyut tersebut dengan harapan dapat digunakan kembali bilamana diperlukan.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf I Gede Merta Santosa, A.Md., dengan mengerahkan personel Kodim dan Koramil jajaran yang langsung terjun bersama-sama dengan Petani.

"Kita melakukan pengangkatan mesin pompa air yang hanyut melibatkan anggota Kodim bersama para Petani Subak Siut, sekaligus juga melaksanakan gotong-royong pembersihan saluran irigasi dari sampah-sampah plastik dengan tujuan agar saluran irigasi tersebut tetap bersih dan lancar", ujar Kasdim.

Pekaseh Subak Siut Gusti Ngurah Bawa di lokasi kegiatan mengucapkan banyak terimakasih kepada anggota Kodim 1616/Gianyar yang telah membantu mengangkat mesin pompa air tersebut, sehingga nantinya dapat digunakan kembali apabila diperlukan untuk menaikan air dari sungai ke persawahan Subak Siut.

Kami sangat tergantung pada pompa air ini bila debit air sungai mengecil dan selama ini alat tersebut sangat menbantu para petani dalam memenuhi kecukupan air saat musim tanam. (Kodim 1616/Gianyar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar