Selasa, 20 Agustus 2019

Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI di Kupang


Pendam IX/Udayana
Selasa, 20 Agustus 2019

Kupang - Danrem 161/Wira Sakti selaku Dansatgas Pam Wilayah NTT Brigjen TNI Syaiful Rahman, S, Sos memimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI Bpk. Ir. H. Joko Widodo beserta rombongan ke wilayah Kab/Kota Kupang, Selasa (20/08/2019) di Lapangan Upacara Makorem 161/Wira Sakti. 

Pangdam IX/Udayana selaku Pangkoops Pam Wilayah Bali Nusra Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P dalam amanatnya yang dibacakan pimpinan apel menyampaikan pentingnya Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Kunjungan Kerja Presiden RI beserta Rombongan kali ini. 

"Apel gelar pasukan ini sangat diperlukan untuk mengecek sejauh mana tingkat kesiapan pasukan Satgas Pengamanan VVIP ini, serta pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing masing unsur Satgas, juga langkah dan tindakan yang diambil dalam mengatasi persoalan sesuai dengan Protap Pengamanan VVIP" jelas Pangdam IX/Udayana.

Lebih lanjut dikatakan bahwa Unsur TNI, Polri dan Pemerintah Daerah saling bersinergi dalam pelaksanaan Pengamanan VVIP ini. 

"Kodam IX/Udayana selaku Koops Pam VVIP Wilayah Bali dan Nusa Tenggara bersama Polda, Pemerintah Daerah setempat dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan secara maksimal. Untuk itu kejelasan tugas tanggung jawab, rantai komando harus dipahami dan dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas di lapangan" ungkap Pangkoops Pam Wilayah Bali Nusra. 

Diakhir amanatnya Pangdam IX/Udayana menyampaikan empat penekanan yaitu : Pertama, pahami dan kuasai prosedur tetap pengamanan VVIP. Kedua, Pegang teguh disiplin dengan memahami rantai komando yang efektif dan efisien. Ketiga, Tingkatkan kepekaan dan jangan lengah terhadap situasi yang berkembang. Dan keempat, Jangan ragu dalam bertindak dan tingkatkan koordinasi secara optimal, serta cermati, ikuti perkembangan situasi secara terus menerus dan laporkan.

Dalam kunjungan kerja  Presiden RI beserta rombongan  ini, akan melaksanakan kegiatan di wilayah Kabupaten Kupang dan Kota Kupang. 

Peserta Apel gelar pasukan ini terdiri dari unsur TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan unsur pendukung lainnya. 

Tampak hadir dalam apel ini Kapolda NTT, Danlantamal VII Kupang, Danlanud El Tari Kupang, Kabinda NTT serta para pejabat teras unsur TNI, Polri dan unsur terkait lainnya. (penrem161ws)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar