Senin, 21 Desember 2015

Pangdam IX/Udayana Hadiri Peringatan HKSN, Hari Ibu Dan Hut Ke 57 Provinsi NTT


Pendam IX/Udayana
21 Desember 2015
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial  Nasional dan Hari Ibu Secara Nasional Tahun 2015 sekaligus Hari Ulang Tahun Ke 57 Provinsi Nusa Tenggara Timur dilaksanakan secara terpusat, Minggu (20/12) di Alun-alun Rumah Jabatan Gubernur NTT, Jalan Eltari, Kecamatan Kota Raja, Kupang.

Hadir beberapa tamu penting pada kegiatan ini, antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Ibu Puan Maharani, Menteri Sosial RI Ibu Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Ibu Yohana Susana Yembise, Para Gubernur atau Penjabat Gubernur Provinsi, termasuk pejabat militer seperti, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI M. Setyo Sularso beserta Ibu, Pangkoopsau II beserta Ibu, Deputi Bidang Operasi SAR Mayjen TNI Heronimus Guru, M.Si, Danrem 161/WS beserta Ibu, Danlantamal VII Kupang beserta Ibu, Kapolda NTT beserta Ibu, Kabinda NTT, Danlanud Eltari Kupang beserta ibu serta Para Pimpinan Forkompinda Provinsi NTT, FKUB, SKPD di  lingkup Provinsi NTT, Para Bupati dan Walikota, Ibu-ibu PKK dari seluruh Indonesia serta diikuti sekitar 2.000 orang yang terdiri dari tamu undangan dari pusat, seluruh Provinsi di Indonesia, para penerima penghargaan sosial, peserta nikah massal, dan masyarakat Kota Kupang serta tamu undangan lainnya.

Ada tiga tema utama yang diusung pada kegiatan ini antara lain, Tema peringatan HKSN  "Ayo Kerja Bersama Membangun Indonesia Sejahtera ". Tema Peringatan Hari Ibu "Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki Dalam Mewujudkan Lingkungan Yang Kondusif Untuk Perlindungan Perempuan Dan Anak". Serta Tema HUT Ke 57 Provinsi NTT, "Dalam Rangka Memperkuat Kesetiakawanan Sosial Untuk Mewujudkan Kesejahteraan Sosial.

Untuk tahun ini pemerintah pusat memberikan kepercayaan kepada Provinsi NTT sebagai tuan rumah kegiatan nasional bersekala besar ini sebagai suatu bentuk komitmen untuk membangun Indonesia menyisir dari wilayah pinggir seperti yang disampaikan oleh Menteri Sosial RI.

Rangkaian kegiatan peringatan ini dikemas sedemikian rupa diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu Mars Kesetiakawanan Sosial dan lagu Mars Hari Ibu. Kemudian ditampilkan visualisasi tentang revolusi mental karakter bangsa dan pembacaan sejarah hari Ibu.

Acara dilanjutkan sambutan Gubernur NTT, Frans Lebu Raya. Prosesi penyerahan Pataka KSN dari Gubernur NTT kepada Menteri Sosial, yang selanjutnya diserahkan kepada Gubernur Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah peringatan HKSN Tahun 2016.

Kemudian Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan RI Ibu Puan Maharani yang mewakili Presiden memberikan sambutan terkait pelaksanaan peringatan HKSN dan Hari Ibu Tahun 2015 ini.

Menko PMK pada kesempatan ini juga menyerahkan penghargaan berupa lencana Satya Lancana Kebaktian Sosial yang didahului pembacaan surat Keputusan Presiden kepada beberapa warga negara yang telah berjasa dan mendharma bhaktikan dirinya pada kegiatan-kegiatan sosial, kemudian penyerahan penghargaan dalam rangka Hari Ibu serta penyerahan bantuan-bantuan lainnya.

Terkait HKSN diserahkan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Juga pada kesempatan ini  diserahkan Akta Nikah kepada peserta nikah masal dan Akta Lahir. Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan juga diserahkan 50.000 bibit pohon Jambu.

Sementara untuk peringatan Hari Ibu diserahkan bantuan Sembako, mesin jahit dan peralatan salon kecantikan untuk memacu usaha ekonomi kecil dan kreatif.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan Peluncuran Gerakan Indonesia menyapa dan sebar S.O.S ditandai dengan menyanyikan  lagu Indonesia menyapa, penekanan tombol sirine dilanjutkan dengan pembacaan Testimoni Presiden RI tentang  "He for She" oleh Gubernur NTT.

Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan persembahan tarian medley kolosal Flobamorata yang menggambarkan keberadaan lima etnik besar di Provinsi NTT, sesudahnya dilanjutkan ramah tamah dengan peserta nikah massal penerima akte lahir dan masyarakat penerima manfaat serta peninjauan  Festival Flobamorata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar