Senin, 25 Januari 2016

Pemerintah Kecamatan Kotabaru Ende Bangun Pertanian Bersinergi Dengan TNI

Pendam IX/Udayana
25 Januari 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Camat Kotabaru, Kabupaten Ende, Daniel Beri mengatakan pihaknya dalam membangun sektor pertanian bekerjasama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk TNI dalam hal ini Kodim 1602/Ende dan jajarannya, Kamis (21/01) di Kotabaru, Ende.

Kerjasama dan koordinasi yang dilakukan dengan pihak TNI antara lain dalam memberikan penyuluhan bersama petugas PPL dan Dinas Pertanian, pengawalan distribusi pupuk kepada para petani sehingga dapat memastikan pupuk tersebut sampai di tangan para petani serta digunakan oleh petani untuk pemeliharaan tanaman. Hal ini juga akan menghindarkan penyalahgunaan dari oknum atau pihak yang tidak bertanggung jawab terhadap bantuan-bantuan pertanian.

Namun demikian ada kendala yang kurang menguntungkan yang harus dihadapi para petani di wilayahnya saat inj akibat terjadinya anomali cuaca badai El Nino membawa dampak bagi pengelolaan pertanian di Kecamatan Kotabaru, Ende.Dikatakan sekitar 100 Hektare tanaman petani mati karena kekeringan akibat cuaca yangn terus menerus  berubah dan panas berkepanjangan. Banyak tanaman padi dan jagung mati dikarenakan panas berkepanjangan dan hujan yang turun tak menentu termasuk juga menurunnya debit air di beberapa sumber mata air yang selama ini menjadi handalan dalam mengairi lahan pertanian.Dengan kondisi ini dia berharap TNI dapat membantu, khususnya dalam menghadapi ancaman gagal tanam yang mungkin terjadi tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar