Rabu, 22 November 2017

Mengingat Pentingnya Irigasi Bagi Petani, Babinsa Cau Belayu Lakukan Hal Ini



Pendam IX/Udayana
Rabu, 22 Nopember 2017

Irigasi adalah usaha penyediaan dan pengaturan air untuk menunjang pertanian yang jenisnya meliputi irigasi air permukaan, irigasi air bawah tanah, irigasi pompa dan irigasi rawa. Semua proses kehidupan dan kejadian di dalam tanah yang merupakan tempat media pertumbuhan tanaman hanya dapat terjadi apabila ada air, baik bertindak sebagai  pelaku subjek atau air sebagai media objek.

Proses-proses utama yang menciptakan kesuburan tanah atau sebaliknya yang mendorong degradasi tanah hanya dapat berlangsung apabila terdapat kehadiran air.  Oleh karena itu, tepat kalau dikatakan air merupakan sumber kehidupan. Dengan demikian tujuan irigasi adalah mengalirkan air secara teratur sesuai kebutuhan tanaman pada saat persediaan lengas tanah tidak mencukupi untuk mendukung pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman bisa tumbuh secara normal.

Sesuai dengan definisi irigasinya, maka tujuan irigasi pada suatu daerah adalah upaya rekayasa teknis untuk penyediaaan dan pengaturan air dalam menunjang proses produksi pertanian, dari sumber air ke daerah yang memerlukan serta mendistribusikan secara teknis dan sistematis. Produksi dari hampir semua jenis tanaman akan meningkat, dengan adanya pemberian air yang tepat waktu dan tepat jumlah.

Mengingat betapa pentingnya irigasi bagi petani, Babinsa Desa Cau Belayu Koramil 1619-06/Marga Pelda I Ketut Berata Yasa turun mengawasi dan membantu dalam kegiatan perbaikan saluran Irigasi di Subak Luwus Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Selasa (21/11). Pendampingan inipun sangat membantu masyarakat dalam membuat talud selokan yang selama ini menjadi sarana irigasi.

Prajurit bersatu padu dengan warga setempat melakukan pembinaan teritorialnya sebagaai wujud kepedulian terhadap kondisi sosial di wilayahnya, sehingga mampu memberi manfaat yang positif bagi masyarakat. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat mendinamisasikan pembangunan infrastruktur dan berdaya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Kodim 1619/Tabanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar