Jumat, 04 Mei 2018

Berkat TMMD, Keterisolasian Wilayah Perbatasan RI-RDTL Teratasi



Pendam IX/Udayana
Jumat, 4 Mei 2018

Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang digelar oleh Kodim 1618/TTU sejak tanggal 4 April 2018 lalu di wilayah perbatasan RI-RDTL, di desa Inbate, Kecamatan Bikomi Nilulat akhirnya selesai.

Penutupan kegiatan itu ditandai dengan digelarnya upacara penutupan yang dipimpin langsung oleh Kasrem 161/Wira Sakti, Kolonel Czi Aji Jaya di desa Buk kecamatan Bikomi Tengah, pada kamis (3/5).

Nampak wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes serta sejumlah pejabat dari Pemda TTU dan juga Komandan Kodim 1618/TTU, Letkol Arm. Budi Wahyono serta Wakapolres TTU, Kompol Rudi Albertus Radja menghadiri upacara  yang digelar di Lapangan SD Buk tersebut.

Usai upacara penutupan, dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada masyarakat kemudian mengunjungi lokasi pembangunan fisik proyek TMMD.

Selain jembatan, proyek itu antara lain pembukaan jalan baru sepanjang 2750 meter dan irigasi sepanjang 353 meter di lokasi persawahan Lil Manu, yang dikerjakan secara gotong royong oleh anggota TNI dan masyarakat sejak sebulan lalu.

Kasrem 161/WS Kolonel Czi Aji Jaya menjelaskan bahwa sesuai hasil pantauannya, proyek fisik pembangunan jembatan, pembukaan jalan baru serta irigasi sudah selesai dilakukan dengan baik berkat kerja keras dan kerja sama yang baik antara TNI dan masyarakat.

“Sesuai hasil pantauan, untuk jembatan dengan ukuran 4 meter x 6 meter, pembukaan jalan baru sepanjang 2750 meter dan juga irigasi sepanjang 353 meter sudah selesai dikerjakan 100 persen, kemudian untuk jalan baru yang sudah dibuka oleh pihaknya saat ini masih harus ada peningkatan lagi,” tutur Kasrem.

Dirinya berharap agar adanya intervensi dari Pemda TTU, sehingga ruas jalan yang sudah dibangun dapat bertahan lama dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Proyek fisik yang sudah ada hendaknya dapat dirawat dengan baik oleh masyarakat dan juga pemerintah desa, tapi kita berharap ada intervensi dari Pemda TTU sehingga ruas jalan yang sudah dibuka dapat ditingkatkan lagi,” tambah Kasrem.

Sementara itu, Wakil Bupati TTU, Aloysius Kobes kepada awak media mengaku, sangat mengapresiasi langkah positif yang sudah dilakukan oleh TNI di Kodim TTU.

Menurutnya, dengan adanya tiga proyek fisik yang sudah selesai dikerjakan tersebut, pengeluhan warga terkait akses transportasi menuju ke lokasi pertanian di Lil Manu akhirnya bisa teratasi.


Sementara terkait ruas jalan yang sudah dibangun, lanjut Wabup Alo, itu merupakan ruas jalan usaha tani. sehingga pihaknya akan mendorong pemerintah desa setempat agar bisa mengalokasikan dana guna peningkatan ruas jalan dimaksud.

“Ini kan ruas jalan usaha tani, jadi pastinya kita akan dorong pemerintah desa untuk alokasikan dana desa untuk peningkatan ruas jalan dengan pembangunan saluran drainase agar jalan itu tidak mudah rusak saat musim hujan,” tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar