Rabu, 24 Oktober 2018

Upacara Piodalan Pura Ksatria Raksa Bhuwana Korem 163/Wira Satya


Pendam IX/Udayana
Rabu, 24 Oktober 2018

Umat Hindu Makorem 163/Wira Satya melaksanakan Upacara Piodalan Pura Ksatria Raksa Bhuwana. Piodalan Pura Ksatria Raksa Bhuwana jatuh pada Purnama Kelima Wuku Landep. Kegiatan upacara piodalan tersebut dipimpin oleh Sulinggih Ida Pedanda Gede Peling Manuaba dari Geria Batubulan Gianyar.

Rangkaian kegiatan piodalan sudah dimulai sejak Hari Selasa kemarin (23/10) dimana Umat Hindu Makorem yang terdiri dari Personel Militer dan PNS telah melaksanakan upacara pecaruan sebagai wujud menetralisir segala pengaruh negatif dan menjaga keseimbangan alam lingkungan kita, sehingga semua warganya akan diberikan keselamatan, kemudian hari ini adalah puncak upacara piodalan. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Panitia Karya Mayor Inf I Gusti Made Sweda, pada Rabu (24/10). 

Mayor Inf I Gusti Made Sweda yang sehari-harinya menjabat sebagai Pasi Komsos Staf Teritorial Korem 163/Wira Satya juga menjelaskan, upacara piodalan Pura Ksatria Raksa Bhuwana tidak saja merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya tepatnya pada Hari Purnama Kelima.

Piodalan  dimaksudkan tidak hanya sebagai hari berdirinya Pura tersebut, lebih daripada itu kita memohon kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa untuk senantiasa diberikan keselamatan dan wara nugraha bagi satuan Korem 163/Wira Satya dan juga para personelnya dalam melaksanakan tugas-tugasnya yang meliputi tanggung jawab kerja wilayah Provinsi Bali.

"Mari kita memohon semoga kita senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran dalam pelaksanaan tugas di hari suci piodalan Pura Ksatria Raksa Bhuwana ini", ungkap  Mayor IGM. Sweda.

Sementara itu Pinandita Mangku I Nyoman Wardika menjelaskan rangkain piodalan dengan menghaturkan upakara tingkat Pulagembal yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Peling Manuaba. Kelengkapan piodalan juga ada Tari Rejang Dewa yang dimainkan oleh Anak-Anak SD Kartika Udayana, Tari Topeng Sidakarya dari Personel Kodim 1611/Badung, Pelda I Komang Suwardika serta dukungan gamelan Sekaa Gong Padang Sambian, Denpasar.

Pantauan kegiatan upacara piodalan tersebut diikuti sebanyak 300 orang Umat Hindu yang merupakan Keluarga Besar Personel Makorem 163/Wira Satya. (Penrem 163/Wira Satya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar