Selasa, 08 Januari 2019

Alami Banjir Akibat Pendangkalan, TNI Laksanakan Karya Bakti di Koripan


Pendam IX/Udayana
Selasa, 8 Januari 2019

Hujan deras melanda Kabupaten Tabanan ternyata mengakibatkan banjir dimana-mana. Termasuk banjir di kompleks BCA Land Abian Tuwung, Banjar Koripan, Desa Banjar Anyar Kecamatan Kediri. 

Terjadinya banjir selain karena dipengaruhi oleh tingginya curah hujan, juga disebabkan oleh pendangkalan saluran air. Tidak hanya kompleks perumahan warga, Lapangan Tembak Rindam IX/Udayana yang bersebelahan dengan perumahan warga juga terkena dampak dari banjir tersebut. 

Terkait hal itu, Jajaran Komando Distrik Militer (Kodim) 1619/Tabanan melaksanakan karya bakti pembersihan parit di tempat yang terdampak banjir tersebut, Senin, (07/01).

Kegiatan karya bakti pembersihan parit di lokasi yang terdampak banjir tersebut merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap lingkungan. Sebelumnya, banjir itu menggenangi Lapangan Tembak Rindam dan perumahan BCA Land.

Kegiatan karya bakti ini diinisiasi oleh Kodim 1619/Tabanan dan dilaksanakan bersama-sama masyarakat sebagai solusi awal untuk mengatasi masalah banjir yang menggenangi lingkungan perumahan masyarakat serta lapangan tembak yang digunakan oleh satuan-satuan di lingkungan Kodam IX/Udy.

"Dampak banjir ini semakin parah karena terjadi longsor yang menyumbat aliran air, kendala ini sudah lama dilaporkan kepada Perbekel tetapi menurut Perbekel di Desa tidak ada dana, selain itu, wilayah aliran parit ini merupakan kewenangan Kabupaten," ungkap Yudi, Ketua Lingkungan setempat yang turut bekerja bakti bersama anggota TNI.

Dalam kesempatan tersebut, Kodim 1619/Tabanan mengerahkan alat berat, sedangkan anggota Kodim bersama masyarakat membersihkan tempat-tempat yang tidak dapat dijangkau alat berat.

Untuk langkah selanjutnya, saluran parit ini perlu diperbaiki secara permanen untuk mencegah terjadinya pendangkalan dan banjir lagi di kemudian hari. 

"Hal ini akan dikoordinasikan lebih lanjut ke tingkat kecamatan untuk mendapatkan solusi penanganan", ungkap Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Hasan Abdullah M.Si., (Han)., M.P.M. (Kodim 1619/Tabanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar