Kamis, 21 Maret 2019

Tingkatkan Kemampuan dan Ketrampilan, Babinsa Ikuti Kegiatan Pemberdayaan Koramil Model


Pendam IX/Udayana
Kamis, 21 Maret 2019

Kupang - Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ketrampilan Babinsa sebelum terjun ke wilayah Desa binaan masing-masing, Dandim 1604/Kupang Letkol Kav F. X. Aprilian S. W., S.Sos membuka kegiatan pemberdayaan Koramil model di halaman Koramil 1604-01/Kupang, Rabu (20/3).

Dalam Kegiatan ini di ikuti oleh 100 Orang anggota yang terdiri dari Peserta 80 Orang, Pendukung 10 Orang, Pembawa materi atau Gumil 10 Orang, serta dari Stakeholder 6 Instasi yaitu Camat Kelapa Lima, Polsek Kelapa Lima, KPU Kota Kupang, Insan Pers, Dinas Pertanian, dan Bulog.

Danramil 1604-01/Kupang Mayor Inf Harjito, S.Pd., atas seijin Dandim menuturkan bahwa hal ini diperhadapkan dengan perkembangan situasi dan tuntutan tugas yang di lakukan oleh anggota Babinsa dari pimpinan atas dalam hal ini TNI-AD. Kegiatan pemberdayaan Koramil model ini dilaksanakan setiap Tahun pada TW I.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari kedepan dengan materi teori 40% dan Praktek 60%, sehingga Babinsa di harapkan setelah kegiatan ini selesai dapat terjun ke wilayah dan mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari para Gumil dan Narasumber, sementara untuk praktek lapangan akan dilaksanakan di lima kelurahan di wilayah Kota Kupang", jelas Danramil.

Binmas Polsek Kelapa Lima, Ipda C. Manek mengucapkan terimakasih kepada pihak TNI sebagai mitra dalam menjaga keamanan dan persatuan NKRI mengundang Polsek untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Pihaknya berharap kepada TNI dalam hal ini Babinsa dan Babinkamtibmas dapat selalu menjalin sinergitas.

"Bila perlu untuk Babinsa dan Babinkamtibmas turun ke lapangan cukup denga satu sepeda motor secara berboncengan, sehingga dapat saling menjaga ketika ada rintangan atau permasalahan yang ditemui", Ujar Manek.

Sementara itu mewakili Camat Kelapa Lima, Kasi Trantib, Ricky Therik menabahkan, Pentingnya fungsi teritorial. Selama ini TNI tidak pernah menonjolkan fungsi teritorial akhirnya dianggap biasa saja.

"Fungsi teritorial harus di tonjolkan, dimana ada masyarakat yang keluhkan masalah Pertanian, Ekonomi, Pembangunan, dan masalah Bencana Alam maka disitu peran TNI hadir bersama masyarakat", Pungkas Kasi Trantib Kecamatan Kelapa Lima. (Kodim 1604/Kupang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar