Senin, 03 Juni 2019

Junjung Tinggi Toleransi, Warga Perbatasan Gelar Acara Bukber untuk Satgas Yonif Mekanis 741/GN


Pendam IX/Udayana
Senin, 3 Juni 2019

Malaka - Toleransi antar umat beragama harus kita junjung tinggi, karena hal itu lah yang membuat NKRI kita selalu kaya akan budaya namun tetap solid sehingga memiliki pedoman dan tujuan yang sama. Hal tersebutlah yang juga terjadi pada Minggu (2/6/2019) di Rumah Adat Dusun Fukafehan, Desa Alas Utara, Kecamatan Kobalima Timur, Kabupaten Malaka, pada saat anggota Pos Ailala Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif Mekanis 741/GN menghadiri undangan acara buka puasa bersama warga setempat.

Anggota Pos Ailala yang berumat Muslim berjumlah 10 orang dengan pimpinan Danpos Sertu Yudi Pramono, menghadiri undangan buka puasa bersama dari Ketua Adat Dusun Fukafehan Bapak Benyamin Suri (53).

Acara buka puasa bersama ini merupakan timbal balik warga kepada Pos Ailala dikarenakan Pos Ailala telah membantu melaksanakan pengamanan acara agama dalam rangka pengantaran Patung Bunda Maria dari dusun ke dusun di wilayah Desa Alas Utara selama satu minggu, serta juga selalu hadir disaat warga masyarakat membutuhkan, sehingga untuk mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pos Ailala yang masih disuasana Ramadhan ini, masyarakat membuat acara buka bersama tersebut.

Acara dihadiri pula oleh Pastor Proki Roni, tokoh adat dan warga masyarakat yang berjumlah kurang lebih 30 orang. Acara yang berlangsung sederhana namun sangat berarti dikarenakan semua bahan makanan dari masyarakat, yang memasak juga masyarakat tapi untuk penyembelihan Ayam tetap diserahkan kepada anggota Pos yang beragama Islam. Sambil menikmati santapan masyarakat gembira karena bercengkerama dengan Bapak-bapak TNI yang selalu ditengah tengah mereka. Masyarakat terus berharap hubungan yang seperti ini terus berlanjut.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Mayor Inf Hendra Saputra, S.Sos., M.M., M.I.Pol menyampaikan bahwa kegiatan antara Satgas dengan Masyarakat ini berlangsung sederhana, tapi ini lah suatu bentuk bagaimana kedekatan satgas dan masyarakat. Ini merupakan hal yang luar biasa karena dengan seperti ini, setiap kegiatan atau situasi yang ada kedepan nanti kita bisa saling membantu.

"Terutama bagi masyarakat, Satgas akan selalu siap untuk ada membantu kesulitan masyarakat. Inilah wujud nyata hubungan kekeluargaan yang sangat harmonis," tambah Dansatgas. (Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar