Kamis, 01 Agustus 2019

Kodim 1611/Badung Pembinaan Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme

Pendam IX/Udayana
Kamis, 1 Agustus 2019

Badung - Pada hari selasa tanggal 30 Juni 2019 Pukul 09.00 Wita bertempat di Aula Makodim 1611/Badung, Jalan Sugianyar No. 6, Denpasar, telah berlangsung kegiatan Pembinaan Komunikasi Sosial Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme.

Acara yang mengusung tema "Melalui kegiatan pembinaan komsos cegah tangkal Radikalisme/Separatisme kita perkokoh mentalitas dan pemahaman ideologi pancasila guna mencegah ancaman bahaya radikalisme/separatisme dalam rangka mewujudkan alat juang pertahanan yang tangguh", dibuka oleh Kasdim 1611/ Badung Mayor Inf Arianto dan dihadiri sekitar 100 orang.

Sistem pertahanan negara indonesia dengan sistem Semesta (sishanta) yang diterapkan bertumpu pada kekuatan TNI sebagai komponen utama serta sumber daya Nasional sebagai kompenen cadangan dan komponen pendukung selanjutnya dalam upaya meningkatkan potensi sumber daya nasional (sumber daya manusia, alam dan buatan) menjadi kekuatan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh, maka perlu dilaksanakan pembinaan teritorial yaitu komunikasi sosial, Bakti TNI dan pembinaan perlawanan wilayah.

Komunikasi sosial merupakan salah satu metode pembinaan teritorial yang diterapkan sebagai wahana untuk mencapai kesepahaman dan kesamaan persepsi tentang pemberdayaan wilayah pertahanan didarat kepada seluruh komponen bangsa. Komsos antara Prajurit TNI AD dengan komponen bangsa perlu di jaga dan terus di tingkatkan sehingga menumbuhkan keperdulian serta kepekaan terhadap berbagai aspek geo, demo dan konsos sehingga tujuan dilaksanakan kegiatan pertemuan ini adalah untuk menjalin hubungan yang harmonis menumbuhkan keperdulian serta kepekaan terhadap berbagai aspek kehidupan.

Pemberian Materi dari Dinas Keagamaan Kota Denpasar (Bpk. I Nyoman Dayuh) tentang  Pembinaan wawasan keagamaan tentang arti pentingnya wawasan keagamaan dengan menanam Nilai-nilai keagamaan yang bersifat terbuka dan toleransi dalam upaya mencegah provokasi dan hasutan dari pembentukan paham Radikalisme /separatisme.

Pemberian materi Oleh Pabungdim 1611/ Badung (Mayor Inf I Pt Sukadana) tentang Pembinaan wawasan kebangsaan tentang arti pentingnya wawasan kebangsaan dengan menanam nilai - nilai jiwa nasionalisme dan kecintaan terhadap NKRI guna mencegah provokasi/hasutan yang dapat menimbulkan tindakan radikal atau kekerasan di masyarakat sehingga berakibat timbulnya konflik komunal.

Pemberian materi oleh Dinas pertanian dan holtikultural Kota Denpasar (Ibu Ni Wyn Marsela Rini) tentang kewirausahawan yang dapat memberikan nilai manfaat dalam upaya mencegah masuknya paham Radikalisme/separatisme di bidang  koperasi pertanian dan perkebunan.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Para Danramil Kodim 1611/ Badung, Para Kapolsek Jajaran Polres Badung, Dinas Agama kota Denpasar, Dinas pertanian dan holtikultura kota Denpasar,  Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, serta Mahasiswa dan pelajar. (Kodim 1611/Badung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar