Senin, 30 September 2019

Amankan Batas Negara, Pos Fohululik Satgas Yonif Raider 142/KJ Lakukan Patroli Patok


Pendam IX/Udayana
Senin, 30 September 2019

Belu - Dalam melaksanakan tugas pokok menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berada di perbatasan RI-RDTL, Pos Fohululik melaksanakan patroli patok di Desa Lutharato, Kec. Lamaknen Selatan, Kab. Belu, NTT.

Hal ini sampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Mayor Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M di Mako Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ Atambua NTT, Sabtu (28/9/2019).

Diungkapkan Dansatgas, ini merupakan kegiatan rutin dalam melaksanakan tugas pokok Satuan Penugasan Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) pada wilayah sektor timur perbatasan RI-RDTL.

"Kegiatan mereka dipimpin oleh Komandan Pos (Danpos) Fohululik yaitu Sertu Ediyanto Simangunsong, sesuai SOP personil patroli berjumlah 7 orang yang terdiri dari  Pok Pam Depan 2 orang, Danpat, Tayanrad, Pok Penyergap 2 orang dan 1 orang sebagai Pam belakang," ujar Dansatgas.

Regu patroli berangkat dari Pos Fohululik menuju lokasi patok dengan berjalan kaki selama satu hari, hal ini dikarenakan jarak yang cukup jauh dan jumlah patok yang cukup banyak.

"Sebagaimana kita ketahui, medan di daerah ini cukup extrim, karena terdiri dari perbukitan, jurang dan sungai yang kering dengan bebatuan besar dan tanah yang rawan longsor, hal ini membutuhkan peningkatan kewaspadaan dari tiap-tiap personil dalam setiap langkahnya," imbuhnya.

Seperti yang dilakukan oleh Regu Patroli Pos Fohululik, lanjut Mayor Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M, meskipun dalam keadaan musim kemarau tetapi mereka harus tetap melaksanakan tugas pokoknya, yaitu melakukan pengecekan patok sebagai tanda batas Negara Indonesia dan Negara Timor Leste.

"Regu patroli Pos Fohululik harus melakukan pengecekan satu persatu patok yang menjadi tanggung jawabnya, sehingga rasa kekompakan dan kebersamaan harus ditanamkan dalam setiap langkah regu patroli," terangnya lebih lanjut.

"Jarak patok demi patok memang kelihatan sangat dekat di atas peta, akan tetapi setelah melihat kondisi medan di lapangan, perjalanan terasa amat jauh sekali, hal ini mereka tempuh dengan berjalan kaki selama seharian," tambah Dansatgas.

"Tetapi regu patroli Pos Fohululik berhasil menemukan lokasi seluruh patok dan mereka menyatakan bahwa kondisi patok dalam keadaan baik serta plat besi prasasti dalam keadaan aman," tegasnya.

Terpisah, senada dengan apa yang disampaikan, Dansatgas, Sertu Ediyanto Simangunsong mengatakan kegiatan ini merupakan tugas pokok Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI.

"Patok batas Negara yang menjadi tanggung jawab kami telah dilakukan pengecekan seluruhnya menggunakan GPS, dipastikan sesuai dengan koordinatnya, tidak ada patok yang bergeser dan dipastikan dalam kondisi baik," tandasnya. (Satgas Yonif Raider 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar