Jumat, 28 Februari 2020

Satgas Yonif 132/BS Seberangkan Kendaraan Warga, Inilah Wujud Nyata Pengabdian TNI di Perbatasan


Pendam IX/Udayana
Jumat, 28 Februari 2020

TTU - Selain melaksanakan tugas pokok pengamanan wilayah perbatasan, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/BS juga melaksanakan Pembinaan Teritorial Satuan Non Komando Kewilayahan (Binter Satnonkowil) guna membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai macam permasalahan sosial ataupun membantu meringankan beban masyarakat di wilayah perbatasan, salah satunya seperti yang dilakukan oleh Prajurit di Pos Inbate yaitu dengan sigap membantu warga menyebrangkan kendaraan yang terjebak oleh arus sungai yang deras.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/BS Letkol Inf Wisyudha Utama dalam rilis tertulisnya pada Kamis (27/2/2020), terkait kepedulian TNI khususnya Satgas Yonif 132/BS yang saat ini bertugas di Perbatasan RI-RDTL Sektor Barat.

Dijelaskannya, selama beberapa hari terakhir, hujan besar yang melanda mengakibatkan air kiriman dari hulu sungai menjadi deras, sehingga menghambat aktifitas masyarakat sehari-hari yang melalui sungai tersebut.

Mendapat informasi dari salah satu masyarakat yang datang ke Pos Inbate, dengan sigap Danpos Sertu Yanuar Hutabarat memerintahkan anggotanya untuk terjun langsung membantu masyarakat menyebrangi sungai yang memang biasanya menjadi akses jalan masyarakat tersebut.

"Inilah salahsatu wujud nyata keberadaan dan pengabdian TNI kepada masyarakat di Tapal Batas, karena TNI selain melaksanakan tugas pokoknya di bidang OMP dan OMSP yang tertuang dalam Undang-undang RI nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, juga menyadari bahwa TNI pada hakekatnya berasal dari rakyat, untuk rakyat dan akan kembali lagi menjadi rakyat," demikian tegas Dansatgas.

Peristiwa ini terjadi di Desa Inbate, Kecamatan Bikomi Ninulat, Kabupaten Timor Tengah Utara, pada Rabu (26/2/2020) kemarin.

Dansatgas mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kemanunggalan antara TNI bersama rakyat di wilayah perbatasan RI-RDTL, dengan harapan melalui kegiatan-kegiatan seperti ini dapat lebih mempererat tali silaturahmi, hubungan kekeluargaan dan persaudaraan yang telah terjalin dengan baik selama ini.

"Hal ini dilakukan semata-mata hanya untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat. Apapun kesulitannya, keberadaan kami dari Satgas Yonif 132/BS selalu siap membantu semaksimal mungkin," tutur Dansatgas di Mako Satgas Yonif 132/BS yang terletak di Desa Eban, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten TTU.

Pihaknya berharap kepada jajaran personelnya yang berada di pos-pos sepanjang garis perbatasan, agar keberadaannya di tengah-tengah masyarakat selalu dapat memberikan solusi dan manfaat serta pengaruh positif bagi warga yang ada di tapal batas. (Satgas Yonif 132/BS)

2 komentar: