Rabu, 05 Februari 2020

Tingkatkan Perekonomian Warga Perbatasan, Satgas Yonif R 142/KJ Panen Cabai di Desa Tohe


Pendam IX/Udayana
Rabu, 5 Februari 2020

Belu - Dalam rangka meningkatkan perekonomian warga disekelilingnya, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ mewujudkan kepeduliannya dengan cara membantu kegiatan warga pada saat melaksanakan panen cabai di Desa Tohe, Kecamatan Raihat, Kabupaten Belu, Selasa (4/2/2019).

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah hasil komunikasi sosial dengan warga masyarakat sebagai langkah Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di perbatasan.

''Kami berupaya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat disemua bidang yang positif tanpa terkecuali bidang pertanian, hal ini kita lakukan demi kemajuan masyarakat yang berada di wilayah perbatasan," tegasnya

Kegiatan panen cabai bersama masyarakat ini langsung dipimpin oleh Serda Irwanto selaku Wadanpos Nunura bersama masyarakat Desa Tohe yang merupakan desa terdekat diwilayah pos mereka.

"Menurut kami ini merupakan kegiatan yang positif, selain bertugas menjaga tapal batas Negara, tetapi kami juga memliki tugas lain yaitu membantu masyarakat dalam mendukung kemajuan desa guna meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah perbatasan," terang Dansatgas lebih lanjut.

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan ini dilakukan untuk membantu masyarakat dengan meringankan tenaga dan mempercepat proses panen cabai sehingga hasil pertanian dapat segera mungkin di distribusikan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

"Kami berharap, personel kami tidak hanya membantu dalam kegiatan panen saja, tetapi memfasilitasi hubungan masyarakat dengan pengusaha, mulai dari proses penanaman, pemupukan hingga pemasarannya," imbuh Dansatgas.

Kehadiran personel TNI ditengah-tengah masyarakat, diharapkan terjadi komunikasi dua arah untuk mempererat tali silaturahmi sehingga tercapai tujuan kemanunggalan TNI - Rakyat.

"Tidak hanya membantu masyarakat dalam memanen cabai, tetapi mereka juga saling bertukar pikiran tentang wawasan dalam meningkatkan hasil pertanian sesuai dengan harapan warga masyarakat perbatasan," jelas Dansatgas.

Disela-sela kegiatan panen cabai, Bapak Yolianus (32) selaku pemilik kebun cabai mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas Pamtas Yonif R 142/KJ yang telah membantu memanen hasil kebun mereka sehingga berjalan dengan aman dan lancar.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak TNI yang telah membantu kami saat memanen cabai sehingga dapat meringakan beban kami," ungkap Bapak Yolianus. (Satgas Yonif R 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar