Rabu, 05 April 2017

Peningkatan Kompetensi Produk Hemat Energi Dengan Limatere Menuju Ende Bersinar Yang Mandiri



Pendam IX/Udayana
Rabu, 5 April 2017

Bertempat di Lapangan Apel Kodim 1602/Ende, Jalan  Kartini Kelurahan Kota Raja Kecamatan  Ende Utara Kabupaten Ende telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Listrik Mandiri Tentara Rakyat Ende atau Limatere, Program Kompor Babinsa Rakyat (Kombara) serta Motor Gas Tentara atau Mogantara, Senin (03/04/2017)
Ketiga program pemberdayaan masyarakat ini  merupakan kerjasama antara Kodim 1602/Ende dengan Yayasan Pilar Peradaban yang dimotori oleh Ujang Koswara dengan timnya yang berjumlah 7 Orang.

Kegiatan yang mampu memberikan harapan bagi ketersediaan energi secara hemat tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Ende Ir. Marselinus Y.W. Petu,
Dandim 1602/Ende Letkol Kav Suteja, S.H, M.Si. beserta Ibu dr. Herlin Liane, M.M., Kapolres Ende AKBP Ardian Mustakim S.I.K. dan Ibu, Kajari Ende Muji Murtopo, S.H., Ketua Pengadilan Negeri Ende Bayu Seno, S.H, M.H., Kepala PLN Cabang Ende Firman dan sejumlah undangan lainnya yang berjumlah sebanyak 150 orang.

Selaku tuan rumah  Dandim 1602/Ende Letkol Kav Suteja, S.H, M.Si., dalam sambutannya mengatakan bahwa  masyarakat Kabupaten Ende akhirnya bisa mewujudkan mimpi menjadi kenyataan karena dapat menghadirkan listrik alternatif yang sangat dibutuhkan untuk mendukung kehidupan sehari-hari.
Dalam penyampaian di hadapan peserta pelatihan Dandim menyebutkan butuh waktu untuk dapat mempertemukan antara Ketua Yayasan Pilar Peradaban Bapak Ujang Koswara dengan Bapak  Bupati. 

"Proses tidak mudah, Bapak  Ujang Koswara sangat dibutuhkan di seluruh wilayah Indonesia, tetapi Bapak Ujang sangat berkomitmen untuk mendahulukan Kabupaten Ende baru berpindah ke wilayah lain di Indonesia", ungkap Dandim.
Untuk itu Dandim menyampaikan terima kasih kepada  Ketua Tim Pilar Peradaban Ujang Kuswara yang telah  mendukung Program Limatere di wilayah Kodim 1602/Ende.

"Kabupaten Ende terdiri dari 21 Kecamatan, 23 Kelurahan dan 255 Desa dan yang belum mempunyai listrik 53 Desa. Dengan kehadiran Tim Limatere bisa menjadi solusi alternatif energi cadangan apabila PLN Menyalami kerusakan, sehingga Ende tetap bersinar," sebut Dandim.

Sementara itu Bupati Ende Ir. Marselinus Y.W. Petu saat membuka acara tersebut mengatakan, kita patut bersyukur kepada  Tuhan Yang Maha Esa, karena kita diberikan pemikiran yang segar mengikuti kegiatan Limatere Ende Bersinar.
Bupati menuturkan bahwa salah satu program prioritas pemerintahannya adalah JAL (Jalan, Air dan Listrik). Dengan kehadiran Yayasan Pilar Peradaban yang dipimpin Ujang Koswara ternyata  mempunyai kemampuan yang sangat luar biasa di bidang kelistrikan yang bekerjasama dengan Kodim 1602/Ende menjadi kebanggaan dan kebahagiaan bagi kita orang Ende, karena putra terbaik Indonesia yang memiliki respek sangat luar biasa untuk membantu masyarakat Kabupaten  Ende.

Selanjutnya Bupati mengapresiasi Dandim 1602/Ende beserta seluruh jajaran atas kesiapannya terhadap program tersebut.

Kepada Ujang Koswara juga disampaikan ucapan yang sama atas waktu dan kesempatan yangg telah  memberikan keterampilan atau skill kepada masyarakat agar kita juga tidak saja sebagai pemakai listrik tetapi juga bisa membuat lampu Limatere.

Harapan Bupati terhadap peserta pelatihan untuk dapat melaksankan kegiatan ini  dengan sebaik baiknya dengan  memperhatikan dua  aspek yang diajarkan yaitu teori maupun praktek.

Setelah mendapatkan pelatihan tentang Limatere, maka pada sore harinya, Bupati Ende, Dandim 1602/Ende dan tamu undangan lainnya menuju Dusun Weru Desa Dille Kecamatan  Detusoko dalam rangka Launching Limatere.
Kegiatan yang sangat bermanfaat untuk penyediaan energi yang hemat tersebut direncanakan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 3 April sampai dengan 5 April 2017. (Penrem 161/Wira Sakti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar