Sabtu, 06 Mei 2017

Warga Serbu Giat Bhaksos TMMD Ke 98 Desa Tunbes



Pendam IX/Udayana
Sabtu, 06 Mei 2017

Akhir pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa Ke 98 Tahun Anggaran 2017 Wilayah Kodim 1618/TTU yang berlangsung selama sebulan atau 30 hari di Desa Tunbes, Biboki Moenleu, Timor Tengah Utara tidak hanya ditandai dengan pelaksanaan kegiatan upacara penutupan dan penyerahan hasil-hasil program TMMD tersebut dari Satgas TMMD kepada Pemerintah Kabupaten TTU. Tetapi di hari terakhir kegiatan TMMD, Kamis (4/5) juga dilaksanakan Bhakti Sosial berupa pembagian Sembako gratis, pasar murah, serta pelayanan kesehatan.

Selesai upacara penutupan saat Bhaksos mulai digelar warga masyarakat langsung menyerbu tempat kegiatan tersebut. Mulai dari antre pembagian Sembako gratis,  belanja pasar murah berbagai kebutuhan harian seperti beras, minyak, telur dan yang lainnya. Yang tak kalah mendapat perhatian antusias dari masyarakat adalah pelayanan kesehatan secara gratis yang dikoordinir oleh Detasemen Kesehatan Wialayah 09.04.01 Wira Sakti Kupang.

Khusus kegiatan Bhaksos kesehatan, menurut Mayor Ckm I Ketut Sukresno, kegiatan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan antara lain, pengobatan umum, pemeriksaan buta warna, penyuluhan gigi dan mulut serta khitanan.

Menurutnya pengobatan umum terhadap warga desa setempat mencapai 451 pasien dengan keluhan beragam seperti,  Ispa 79 pasien, Scabies 67, Myagia 55, Gastritis 47, Hipertensi 45, Cephalgia 40, Reumatik 39, Dermatitis + infeksi 3, RFA 30 serta Diare 14 pasien.

Terkait pemeriksaan buta warna dilaksanakan terhadap anak-anak sekolah dasar setempat yang diikuti sebanyak 146 orang dan terdeteksi 14 kasus buta warna, sebut Mayor Ckm Ketut.

Penyuluhan gigi dan mulut diikuti juga oleh anak-anak sejumlah 146 orang yang mengikuti pemeriksaan buta warna. Kepada mereka diajari bagaimana melaksanakan sikat gigi  serta merawat gigi  yang benar sehingga tidak mudah berlubang dan keropos atau rusak. Sementara Khitanan atau sunatan hanya diikuti oleh 5 orang saja.

"Total 602 orang terlayani dalam kegaiatan pelayanan kesehatan kali ini sebagai rangkaian penutupan TMMD Ke 98 Tahun Anggaran 2017",  sebut  Mayor Ckm Ketut yang juga menjabat sebagai Wadan Denkesyah 09.04.01 Wira Sakti Kupang tersebut.

Pada kesempatan terpisah saat memantau langsung kegiatan Bhaksos tersebut Komandan Detasemen Kesehatan Wilayah (Dandenkesyah) 09.04.01 Wira Sakti Kupang, Letkol Ckm Effendi Prabowo mengatakan bahwa terlaksananya kegiatan ini
melalui kerjasama dengan kementerian kesehatan, Dinas Kesehatan TTU, Satgas Pamtas RI-RDTL  Sektor Barat dan Puskesmas setempat.

Menurut Dandenkesyah, kegiatan ini melibatkan 8 dokter umum, 1 dokter gigi dan 30 tenaga para medis dengan harapan bahwa masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan pelayanan kesehatan ini dengan baik, terlebih jarak antara rumah tinggal masyarakat dengan Puskesmas lumayan jauh juga dengan waktu tempuh 30 menit sampai 1 jam.

Salah satu warga bernama Alusius Amthanan menyampaikan terima kasihnya atas kegiatan ini, yang dilaksanakan secara gratis, ini sangat bermanfaat buat kami warga di Desa Tunbes dan sekitar,  sebutnya yang merasa senang TNI bisa hadir di daerahnya untuk bersama-sama membangun fasilitas yang memang dibutuhkan masyarakat setempat.
(Penrem 161/Wira Sakti)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar