Selasa, 29 Agustus 2017

Wujudkan Pemuda Yang Pancasilais Religius



Pendam IX/Udayana
Selasa, 29 Agustus 2017

Komandan Kodim 1604/Kupang Letkol Inf. Endarwan Yansori bertindak selaku Inspektur Upacara sekaligus memerikan materi Wawasan Kebangsaan kepada siswa/i SMA Negeri 1 Kupang Timur, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin (28/08/2017).

Dalam amanatnya, Yansori memberikan beberapa perhatian kepada seluruh peserta upacara yang hadir antara lain; agar selalu menghargai jerih payah orang tua, menghormati para guru, hindari miras dan narkoba, hindari tindakan kriminal seperti tawuran dan pelanggaran hukum lainnya, hindari pergaulan bebas, waspadai berita hoax, hasutan dan propokasi, jadilah pemuda dan warga negara yang Pancasilais Religius, rencanakan dan siapkan masa depan para siswa, masa depan bangsa dan negara serta Wujudkan janji siswa yang selalu diucapkan bersama.

Setelah selesainya upacara, kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi tentang wawasan kebangsaan dengan modul Bhinneka Tunggal Ika, meliputi pembahasan tentang; Toleransi, Keadilan dan Gotong royong, agar selalu terwujud rasa persaudaraan dan kerukunan ditengah tengah keberagaman bangsa kita.

Pemberian materi wawasan kebangsaan ini dimaksudkan agar para pemuda/pelajar lebih memahami dan menyadari akan pentingnya rasa cinta tanah air, kesadaran bela negara, pengamalan terhadap Pancasila dan UUD 45 serta kesetiaan terhadap rakyat, tanah air, bangsa dan negara.

Diakhir kesempatan, Yansori menghimbau kepada para siswa agar tetap ulet dan bekerja keras dalam menggapai cita-cita, apalagi secara umum kita semua berasal dari latar belakang ekonomi keluarga yang sulit. Belajar dari pengalaman para tokoh bangsa yang sebagian besar berasal dari keluarga yang sangat sederhana yang pada akhirnya memiliki kesempatan untuk menjadi pemimpin. Dan jadilah pemuda/warga negara yang Pancasilais Religius, pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut kepala sekolah SMAN 1 Kupang Timur, Pabung Kodim 1604/Kupang, Danramil 1604-05/Camplong, Pasi Pers dan Pasi Ter Kodim 1604/Kupang, para Babinsa dan para dewan guru dan staf sekolah serta 1.145 siswa/i SMA N 1 Kupang Timur. (Kodim 1604/Kupang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar