Kamis, 15 Februari 2018

Yonif 743/PSY Membentuk Pelatihan Karate Usia Dini di Perbatasan RI-RDTL



Pendam IX/Udayana
Kamis, 15 Pebruari 2018

Satgas Pamtas Yonif 743/PSY yang sedang melaksanakan penugasan di wilayah perbatasan RI-RDTL kembali membuat kegiatan-kegiatan positif di Wilayah Perbatasan. Selain disamping tugas pokoknya menjaga wilayah perbatasan, Satgas Pamtas Yonif 743/PSY juga melaksanakan kegiatan Teritorial untuk pemberdayaan wilayah Perbatasan.

Salah satu kegiatan tersebut adalah Pelatihan Bela diri Karate bagi anak-anak usia dini. Kegiatan tersebut dilaksanakan sebanyak 3 kali dalam seminggu tepatnya pada hari Selasa, Jumat dan Minggu dengan bertempat di Makosatgas Yonif 743/PSY Ds. Umanen Kecamatan Atambua Barat Kab. Belu.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan pembina harian Kapten Inf I ketut Nadra yang sehari-hari menjabat Pabintal Satgas Pamtas Yonif 743/PSY yang dibantu oleh seorang Senpai karate Pratu I Made Budi Darmawan yang memiliki kualifikasi sabuk DAN II Karate.

Satgas Yonif 743/PSY berinisiatif membuat kegiatan pelatihan ini atas dasar bahwa beladiri bagi anak-anak sangat penting untuk peningkatan kepribadian dan insting dalam kehidupan sehari-harinya sehingga diharapkan anak-anak dapat menjadi manusia-manusia yang berguna suatu saat nanti.

"Sifat dasar manusia mempunyai insting untuk selalu melindungi diri dan tidak dapat lepas dari kegiatan fisiknya, kapanpun dan dimanapun. Anak-anak yang dibimbing dan dilatih oleh Senpai apabila dibina sejak awal akan memberikan implikasi yang luar biasa terhadap pribadi anak-anak," jelas Ketut.

Selain memberikan materi Bela diri Karate, kegiatan ini juga diselingi oleh pembekalan kedisiplinan dan penanaman kepribadian terhadap anak-anak untuk membentuk Karakter anak yang baik. “Sikap hormat dan disiplin yang dibiasakan pada kegiatan ini akan memberikan pengaruh yang baik terhadap pola hidup anak anak,” tambahnya.

Setiap pelaksanaan kegiatan, jumlah anak-anak yang mengikuti kegiatan latihan karate ini semakin bertambah setiap minggunya. Hingga saat ini pesertanya telah mencapai jumlah 70 orang. Mengenai biaya pendaftaran ataupun adminstrasi kegiatan, Satgas Pamtas Yonif 743/PSY tidak memungut biaya sama sekali atau Gratis. Hal ini merupakan bukti keseriusan Satgas Yonif 743/PSY untuk membentuk dan membangun karakter generasi muda penerus Bangsa di wilayah perbatasan.

Kegiatan ini pun mendapatkan apresiasi yang positif dari masyarakat di Wilayah sekitaran Makosatgas. Salah satu orang tua dari Siswi SDK Sesekoe Atambua Barat yang merupakan Peserta latihan menyampaikan terimakasihnya atas terselenggaranya kegiatan karate di Mako Satgas Yonif 743/PSY. “Pelatihnya Tentara yang tegas, disiplin dan bersahabat, anak-anak sangat senang bisa dilatih oleh bapak-bapak Tentara. Selain ilmu bela diri, di rumahpun sudah mulai terasa perubahan sikapnya” jelasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar