Senin, 08 Oktober 2018

Meriahkan HUT TNI ke 73, Ratusan Pelajar dan Pemuda Ikut Ramaikan Karnaval Kebangsaan


Pendam IX/Udayana
Senin, 8 Oktober 2018

Dalam rangka memperingati HUT RI Ke-73, Kodim 1607/Sumbawa menggelar pawai kebangsaan, berbagai macam budaya nusantara dirangkum dalam pawai tersebut. Pawai ini diikuti instansi pemerintahan yang ada di Kabupaten Sumbawa, instansi vertikal, kecamatan se Kabupaten Sumbawa, berbagai macam ethnis serta para pelajar SMP dan SMA/SMK. Pawai dimulai dari Makodim 1607/Sumbawa lalu mengelilingi sekitaran kota sumbawa lalu kembali lagi ke Makodim.

Suasana meriah pun langsung tergelar saat ratusan pelajar menampilkan beragam kesenian Indonesia, Penampilan mereka, disusul barisan drumband, yang secara berturut-turut diikuti barisan di belakangnya. Ada barisan pembawa bendera merah putih dan identitas daerah , lalu diikuti barisan masing-masing kontingen dengan kostum yang memvisualisasikan kebhinekaan suku dan adat dalam pawai kebangsaan. Ada Suku lombok, bali, NTT, Sumbawa, Jawa, Bugis, dan masih banyak lagi.

Dandim 1607/Sumbawa, Letkol. Inf. Samsul Huda mengatakan dengan pawai kebangsaan ini pihaknya merangkum seluruh budaya yang ada di Indonesia. Juga untuk mengembalikan ingatan kepada pahlawan yang telah memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia. Acara ini konsisten menampilkan beragam adat dan budaya Nusantara untuk mengingatkan seluruh warga akan kebhinekaan Indonesia.

“Melalui karnaval kebangsaan ini kita tampilkan Indonesia dalam bentuk mini. Wujud Indonesia yang kaya akan ragam budaya, etnis, adat istiadat dan agama. Dengan semangat kemerdekaan, mari jadikan kegiatan ini momentum agar kita selalu sadar menjaga kebhinekaan. Tetaplah bersatu dalam kondisi apapun, jangan mudah terpecah belah,” kata Letkol. Inf. Samsul Huda

Samsul Huda juga berharap agar karnaval tematik semacam ini bisa diterapkan juga di tingkat kecamatan. Sehingga semangat menjaga kebhinekaan juga bisa dirasakan hingga ke kecamatan dan desa

“Dipilihnya pawai Kebangsaan, Bukan berarti kita kurang dari memahami Kebangsaan.  Tapi dengan modal Kebangsaan inilah negara kita bisa maju,  menjadi negara yang modern dengan tidak meninggalkan identitas kebangsaan. Ini harus kita mepupuk terus rasa kebhinekaan kita sehingga bisa menjadi bangsa yang berbudi luhur, bangsa yang modern. Tentunya generasi muda juga dapat mengetahui bagaimana perjuangan pahlawan kita merebutkan kemerdekaan  ini,” ujarnya.

Pawai Kebangsaan menampilkan beragam kesenian dan adat Budaya Nusantara ditampilkan untuk mengingatkan semua warga akan kebhinnekaan dan rasa Nasionalisme terhadap bangsa ini.

“Senang sekali bisa ikut karnaval ini karena bisa melihat betapa berwarnanya Indonesia. Mulai pakaian adatnya, kuliner, kesenian, hingga tradisinya. Makanya, saya memang sengaja mengajukan diri ke sekolah,” kata siswi salah satu satu sekolah menengah. (Kodim 1607/Sumbawa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar