Selasa, 17 Desember 2019

Peduli Kesehatan Warga, Satgas Yonif Raider 142/KJ Lakukan Pengobatan Gratis di Perbatasan


Pendam IX/Udayana
Selasa, 17 Desember 2019

Belu - Personel Pos Damar Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ melakukan pengobatan gratis dan pendataan stunting warga desa binaan di Posyandu Dusun Aisik, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu.

Kepedulian akan kesehatan masyarakat perbatasan dan tumbuh kembang balita serta anak-anak, diwujudkan Satgas Yonif Raider 142/KJ dengan melakukan pengobatan gratis dan pendataan stanting di pos pelayanan terpadu Desa Silawan.

Dansatgas Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos., M.M., mengatakan bahwa kegiatan itu dipimpin langsung oleh Serda Doly Apandi selaku Wadanpos Damar bersama 3 orang personel lainnya.

"Pelaksanaan pengobatan gratis dan pendataan stanting dilaksanakan di Posyandu Dusun Aisik Desa Silawan, mengingat  jarak dari Posyandu ke Puskesmas sejauh 6 KM, sehingga masyarakat lebih sering datang ke Posyandu dari pada ke Puskesmas," tegasnya.

Kegiatan ini merupakan hasil koordinasi dan kerjasama antara Satgas Pamtas Yonif Raider 142/KJ bersama Bidan Desa yang berada di Dusun Aisik sebagai salah satu wujud kegiatan Pembinaan Teritorial Satuan Non Kewilayahan (Binter Satnonkowil).

"Pengobatan gratis dilaksanakan melalui pemeeiksaan dan pemberian obat-obatan secara gratis," tegasnya lebih lanjut.

Sedangkan untuk pendataan stunting dilakukan berupa penimbangan, ukur tinggi badan, pemberian vitamin A, imunisasi, untuk memastikan tumbuh kembang Balita dan anak-anak di desa binaannya.

Kegiatan tersebut dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan meningkatkan kesadaran warga desa binaan akan pentingnya kesehatan dan asupan gizi yang cukup bagi anak-anak mereka selaku generasi muda dimasa yang akan datang.

Terpisah, Bpk Margarito Dao (37) selaku Kepala Dusun Aisik mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif R 142/KJ beserta personel kesehatan yang telah berperan aktif di Dusun Aisik.

"Saya mewakili warga Dusun Aisik mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, dan kami doakan semoga personel Satgas R 142/KJ senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan selama melaksanakan tugas pengamanan perbatasan di RI-RDTL," ucapnya. (Satgas Yonif R 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar