Kamis, 28 Juli 2016

Kodim Gianyar Sukseskan Upsus PAJALE


Pendam IX/Udayana
28 Juli 2016
Editor Kapten Inf I Nyoman Budiarta

Kodim 1616/Gianyar dalam rangka mendukung program pemerintah guna mensukseskan Upsus PAJALE (Padi, Jagung dan Kedelai) dan peningkatan produkfitas untuk mempertahankan swasembada pangan khususnya padi bagi para petani di wilayah Kec. Sukawati, Rabu, (27/7) dilaksanakan kegiatan  penanaman bibit Padi jenis Cegeulis dengan pola tanam jajar legowo 2-1 lebar 40 Cm dan panjang 10 Cm di area persawahan seluas 40 Are yang merupakan wilayah Subak Dauh Uma Ulu Banjar Dauh Uma Desa Batuan Kaler Kec. Sukawati Kab. Gianyar lahan milik Sdr. I Made Purna warga Subak Dauh Uma

Penanaman padi di Subak Dauh Uma  Banjar Dauh Uma Desa Batuan Kaler Kec. Sukawati Kab. Gianyar dipimpin oleh Kasdim 1616/Gianyar Mayor Inf I Wayan Suwitantra, S.I.P beserta seluruh anggota Kodim 1616/Gianyar, Dinas Pertanian Kab. Gianyar dan Warga Subak Dauh Uma Banjar Dauh Uma Ds.Batuan Kaler Kec. Sukawati. Pelaksanaan kegiatan penanaman bibit padi diawali dengan pencaplakan pada area persawahan yang akan ditanami selanjutnya setelah pencaplakan dilaksanakan penanaman bibit Padi jenis Cegeulis dengan mengikuti garis-garis caplak menggunakan sistem tanam  jajar Logowo 2-1, lebar 40 Cm dan panjang 10 Cm.

Kegiatan penanaman bibit padi yang dilaksanakan ini merupakan program dari Komando Atas dan program Kodim 1616/Gianyar bidang Teritorial bekerja sama dengan Dinas Pertanian Perhutanan dan Perkebunan Kab. Gianyar yang bertujuan untuk mendorong dan memotivasi para petani agar lebih giat mengelola lahan pertanian guna meningkatkan hasil tanam sehingga program swasembada beras dapat tercapai. Kegiatan penanaman bibit padi disubak Dauh Uma Banjar Dauh Uma Desa Batuan Kaler Kec. Sukawati Kab. Gianyar bertujuan untuk membina para petani secara bertahap, bertingkat dan berlanjut untuk memberikan ilmu tentang pertanian agar para petani lebih bersemangat untuk mengelola lahan pertanian, karena pertanian selama ini kurang diminati oleh generasi muda dan lahan pertanian semakin berkurang karena alih fungsi lahan.

Penanaman bibit padi di area persawahan Subak Dauh Uma Banjar  Dauh Uma Desa Batuan Kaler Kec. Sukawati ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian MOU yang telah disepakati antara pihak TNI dengan Dinas Pertanian dalam rangka mewujudkan swasembada pangan menuju swasembada beras yang diharapkan dapat tercapai dalam waktu 2 tahun kedepan. Diharapkan dalam waktu 2 tahun Indonesia dapat mewujudkan swasembada beras. TNI selalu bersinergi dengan petani untuk mencapai swasembada pangan menuju  swasembada beras. TNI selalu mendorong Petani untuk improvisasi dan berinovasi didalam mengikuti perkembangan tehknologi pertanian di masa kini. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif bagi petani didalam mencapai kesejahteraannya. (Penrem 163/WSA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar