Selasa, 01 November 2016

Babinsa Himbau Tanam Beragam Atasi Gagal Panen

Pendam IX/Udayana
Selasa, 1 Nopember 2016

Babinsa Sertu Jeftan Bunda saat menemui salah seorang tokoh masyarakat bertempat di lokasi perkebunan masyarakat di seputaran gunung Omtel di Desa Otvai, Senin (31/10/2016), dirimya mengajak masyarakat untuk segera tanam dengan jenis tanaman beragam di kebun-kebun yang sudah disiapkan. Tanam beragam sangat bermanfaat, selain memanfaatkan curah hujan yang ada, mencegah terjadinya gagal panen dan bisa tingkatkan ekonomi masyarakat.

Babinsa menghimbau “Petani harus tanam beragam tidak hanya jagung, padi, kacang-kacangan, tanaman umbi-umbian seperti ubi. Tanam juga kemiri, cengkeh dan pinang, ini kalau berhasil bisa tingkatkan ekonomi masyarakat.” saat ditemui di kediamannya di Kelurahan Kalabahi Barat. Salah seorang warga menyampaiakan bahwa Babinsa memang menemui mereka di kebun di pondok tempat berteduh dan beristirahat dikala hujan atau selesai bekerja. Disana Babinsa ajak kami untuk segera tanam dan pakai pola tanam beragam. Sakarias Moll menyampaikan terima kasihnya kepada Babinsa yang mau datang berkunjung melihat aktifitas petani di kebun walaupun jauh dan untuk menjangkaunya harus jalan cukup jauh dan mendaki gunung yang lumayan tinggi. “Kebun kami jauh dari kota sekitar 14 Km dengan melewati jalan berlumpur dan mendaki gunung tinggi tapi Babinsa datang lihat kami sebagai masyarakatnya. Kami senang juga berterima kasih karena sudah diberi arahan-arahan serta himbauan kepada kami petani tentang pola tanam yang bisa menguntungkan petani.”

Kami sebagai petani disini kalau berkebun selalu berpindah-pindah, tapi dengan arahan dari babinsa maka tahun ini kami mulai merubah pola itu. “Babinsa bilang kalau berkebun jangan pindah-pindah, mau pindah tempat baru maka kebun lama harus ditanami tanaman umur panjang seperti kemiri, cengkeh dan pinang, baru pindah sehingga tidak terjadi erosi dan longsor juga bisa berguna dikemudian hari” (Kodim 1622/Alor)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar