Senin, 29 Januari 2018

Petuah di Pagi Hari : Profesionalisme Tanpa Loyalitas Berbahaya

Pendam IX/Udayana
Senin, 29 Januari 2018

Hari ini Senin (29/1) untuk pertama kalinya Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Bendera di Lapangan Makodam IX/Udayana.

Ada empat petuah dipagi hari ini yang disampaikan oleh Pangdam IX/Udayana kepada segenap Prajurit TNI dan Pegawai Negeri Sipil Kodam IX/Udayana untuk dipedomani dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan jabatan masing masing.

Pertama adalah Profesionalisme, setiap personel harus menguasai tugas dan tanggungjawabnya masing-masing, bangun dan kembangkan profesionalisme sesuai dengan koridor aturan dan ketentuan yang ada seperti Sapta Marga, Sumpah Prajurit, serta Delapan Wajib TNI termasuk Sebelas Azas Kepemimpinan, karena semua ini masih relevan untuk diterapkan dalam setiap pelaksanaan tugas, pegang teguh koridor ini dan sesuaikan dengan dinamika kehidupan sosial yang berkembang maka tugas akan terasa ringan untuk dilaksanakan.

Kedua Loyalitas, kembangkan loyalitas secara tegak lurus, hormati atasan sesuai dengan ketentuan yang ada. Loyalitas ini sangat penting dalam kehidupan parajurit karena profesionalisme jika tanpa dibarengi dengan loyalitas akan sangat berbahaya. Profesiolnalisme yang dimiliki akan bisa dimanfaatkan oleh pihak lain, ini cukup berbahaya banyak institusi yang mengembangkan loyalitas ini namun tidak mampu diterapkan seperti loyalitas dalam kehidupan prajurit.

Ketiga, Bangga menjadi prajurit, setiap prajurit harus memiliki rasa bangga menjadi prajurit, prajurit harus memiliki kebanggaan karena dengan rasa bangga ini maka tugas-tugas yang dilaksanakan akan terasa ringan.

Keempat, Kebersamaan, tingkatkan kebersamaan dengan membangun komunikasi dan koordinasi timbal balik, terapkan sistem demokrasi yang kita miliki, pimpinan harus dekat dengan bawahan dan hindari adanya bawahan yang takut kepada pimpinannya.


Kemudian terkait dengan Tahun Politik, Pangdam IX/Udayana juga menekankan kepada segenap Prajurit TNI untuk memegang tegas Netralitas TNI yang sudah menjadi komitmen TNI untuk bersikap netral dan tidak memihak kepada salah satu partai politik ataupun kontestan peserta Pilkada maupun pemilu, jauhi pelibatan diri dalam kegiatan politik praktis. (Pendam IX/Udayana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar