Selasa, 30 Oktober 2018

HUT Pramuka SWK ke 11, Kodim 1612/Manggarai Gelar Bhakti Saka Wira Kartika di Tempat Ibadah


Pendam IX/Udayana
Selasa, 30 Oktober 2018

Dalam rangka peringatan HUT Pramuka Saka Wira Kartika ke 11 tahun 2018 sekaligus bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda Kodim 1612/Manggarai melaksanakan kegiatan Bhakti Saka Wira Kartika di Gereja St. Thomas Rasul Stasi Anam, Desa Bulan, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai dan di Gereja Katedral Lama Kelurahan Watu, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Senin (29/10/18).

Saka Wira Kartika merupakan salah satu Satuan Karya Pramuka yang bersifat nasional. Saka yang dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat ini bertujuan untuk mengembangkan pendidikan Bela Negara dan Nasionalisme di dalam organisasi Kepramukaan.

Dalam pelaksanaannya Saka ini diatur oleh Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 205 Tahun 2009 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Satuan Karya Pramuka Wira Kartika.

Hal itu dikemukakan oleh Pembina Pramuka SWK yang sekaligus menjabat sebagai Batuud Koramil 01/Ruteng Peltu Setyo Yubuwono disela kegiatan karya bhakti dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Pramuka Saka Wira Kartika.

“Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat,” ungkap Batuud.

Tak hanya itu, Saka Wira Kartika juga bertujuan untuk membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa. Serta untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam Kegiatan bhakti di lokasi 2 tempat ibadah ini dipimpin oleh Batuud Koramil 01/Ruteng Peltu Setyo Yubuwono dan Babinsa Bulan Serma Maximus G. Laka, nampak hadir dalam kegiatan bhakti, Kepala Sekolah SMAN 1 Anam beserta guru dan staf sekolah, Sekretaris Desa Bulan bersama staf, Ketua Dewan Stasi berserta, ketua lingkungan, guru dan siswa Pramuka dari SMAK Sadar Wisata Ruteng, siwa Pramuka dari SMAK St. Fransiskus Xaverius Ruteng.

Diketahui, sasaran kegiatan karya bhakti dalam peringatan HUT ke-11 Pramuka Saka Wira Kartika ini, berupa bersih-bersih halaman dan lingkungan sekitar Gereja. Para siswa Nampak semangat dalam mengikuti kegiatan bhakti ini. (Kodim 1621/Manggarai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar