Jumat, 06 Desember 2019

Hadapi Ujian Akhir Sekolah, Satgas Yonif R 142/KJ Gelar Bimbel Pada Malam Hari


Pendam IX/Udayana
Jumat, 6 Desember 2019

Belu - Keterbatasan sarana dan prasarana pendidikan yang ada di wilayah perbatasan tidak mengurangi semangat anak-anak untuk menuntut ilmu, fasilitas pendidikan yang sederhana tidak menghalangi niat mereka untuk belajar demi meraih cita-cita.

Hal ini terbukti pada anak-anak di wilayah perbatasan yang akan menghadapi ujian akhir sekolah tingkat SMP, yang mana personel Pos Silawan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ memberikan bantuan mengajar di pos kepada kepada anak-anak sekolah di Dusun Adubitin, Desa Silawan, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Kamis (6/12/2019).

Kegiatan mengajar di pos ini dilaksanakan setiap malam hari sekitar pukul 18.30 - 20.30 WITA dipimpin oleh Wadanpos Serda Binsar dan dibantu oleh 2 orang personel yaitu Pratu Akbar dan Prada Nanang.

Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 142/KJ Letkol Inf Ikhsanudin, S.Sos.,M.M., mengungkapkan bahwa Personel ini telah memiliki bekal dan tehnik mengajar yang baik dan mudah dipahami, sehingga dapat diaplikasikan kepada saudara-saudara kita yang berada di perbatasan.

"Setiap malam anak-anak sekitar pos dengan tingkat pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) datang ke pos, mereka membawa buku-buku pelajarannya masing-masing, dan mereka berkumpul di saung yang telah kita siapkan menjadi tempat belajar yang dilengkapi papan tulis dan rak buku sehingga mempermudah saat mentransfer ilmu pelajaran," jelas Dansatgas.

Untuk materi yang diajarkan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Sosial, serta membantu anak-anak mengerjakan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan oleh guru mereka di sekolah.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada abang-abang Pos Silawan atas perhatiannya membantu mengajar kami, sehingga dapat  menambah ilmu yang tidak kami dapatkan di sekolah, kami juga lebih akrab sehingga kami betah dan senang belajar di pos," tutur Albertus Stuben (12) salah satu anak yang mengikuti kegiatan belajar bersama.

Memberikan pelajaran tambahan pada malam hari diluar jam sekolah kepada anak-anak adalah salah  satu tugas Satgas Yonif R 142/KJ dibidang pembinaan teritorial dalam upaya ikut serta berpartisipasi pada dunia pendidikan yang ada di wilayah perbatasan RI-RDTL.

Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh untuk mengubah dunia, khususnya bagi anak-anak yang merupakan generasi penerus Bangsa. (Satgas Yonif R 142/KJ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar