Senin, 28 Desember 2020

Penegakan Operasi Yustisi Masih Banyak Tak Patuhi Protokol Kesehatan



Bangli - Operasi yustisi penegakan protokol kesehatan yang melibatkan Tim Gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan Dishub Pemkab Bangli kembali digelar di wilayah Kintamani di saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Seperti yang dilaksanakan Sabtu (26/12/2020) kemarin. 

Menurut  Dewa Putra dari Dinas Satpol PP Pemkab Bangli, personel yang diterjunkan sebanyak 27 orang dengan konsentrasi kegiatan berada di wilayah Kintamani. 

Dipilihnya Kintamani sebagai tempat melaksanakan operasi yustisi karena Kintamani masih menjadi idola utk berwisata. 

"Meskipun dalam kondisi pandemi saat ini Kintamani masih menjadi primadona destinasi wisata", terangnya.

Diakui, kenyataan di lapangan kesadaran  sebagian masyarakat masih kurang dalam menerapkan  protokol kesehatan. Oleh karena itu pihaknya bersama tim gabungan tidak pernah berhenti menyampaikan himbauan pentingnya penerapan protokol kesehatan guna memutus mata rantai COVID-19. 

Dandim 1626/Bangli Letkol Inf I Gde, Putu Suwardana, S.I.P., menyampaikan  operasi yustisi menyasar  kepada  pengunjung atau wisatawan yang berkunjung ke Kintamani. Selain itu kegiatan juga menyasar tempat-tempat pengelola wisata untuk mengecek kesiapan protokol kesehatannya.   

"Upaya ini  dilakukan guna mendisiplinkan masyarakat, utamanya terkait pentingnya melaksanakan protokol kesehatan. Sehingga semuanya dapat terhindar dari penularan COViD-19", jelasnya. 

Operasi yustisi yang berlangsung selama  satu setengah jam itu menemukan 3 orang  warga  yang  tidak menggunakan masker dan ada beberapa orang yang salah menggunakan masker yaitu digunakan di dagu tidak menutup mulut dan hidung.

Bagi warga yang tidak menggunakan masker diberikan sangsi berupa sanksi sosial dan fisik, sedangkan yang salah menggunakan masker diberikan edukasi dan teguran.

"Terkait pelaksanaan operasi yustisi Dandim 1626/Bangli memberikan apresiasi kepada tim yustisi yang senantiasa bekerja tanpa mengenal hari libur. Pihaknya berpesan kepada anggota tim agar selalu menjaga kesehatan sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik, serta berharap agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan", pungkasnya. (Kodim 1626/Bangli)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar